Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Sebagai salah satu persyaratan wajib kenaikan pangkat dan golongan, keterampilan menulis dan mempublikasi artikel ilmiah menjadi kebutuhan yang mendesak untuk guru, terutama bagi guru-guru yang hendak mengajukan kenaikan pangkat dan golongan namun terkendala karena publikasi. Studi ini bertujuan untuk mengenalkan jenis-jenis artikel ilmiah dan prosedur penyusunan artikel ilmiah dari tahap awal hingga submit pada jurnal ilmiah nasional bagi guru BK. Metode: Metode kualitatif dengan pelaksanaan selama 1 hari dan terdiri dari 29 guru BK MTs yang tersebar di kabupaten Gresik. Hasil: Ditinjau dari analisis angket refleksi yang disebarkan oleh tim selepas pelatihan serta ditambah sejumlah berkas manuskrip yang telah tuntas disusun oleh guru BK maka bisa dipahami bahwa pelatihan berjalan baik sesuai perencanaan awal dari tim pelatihan dengan MGBK Gresik. Kesimpulan: Pelatihan ini memberi pemahaman tentang penyusunan artikel ilmiah serta meningkatkan keterampilan guru BK dalam mempublikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional.

Keywords

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Guru BK MTs Gresik Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Guru BK

Article Details

How to Cite
Purwoko, B., Mariana, N., Hariyati, N., Khotimah, N., & Nurismawan, A. S. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru BK Gresik . Jurnal SOLMA, 12(3), 1247–1252. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13000

References

  1. Abdurachman, I. E., & Librita Arifiani, S. (2022). Panduan Praktis Teknik Penelitian yang Beretika Konsep, Teknik, Aplikasi Metode Penelitian & Publikasi. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
  2. Amilia, F. (2018). Pemahaman dan habituasi untuk membangun kompetensi menulis praktis dan ilmiah. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1). https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1401
  3. Atika, A. R., Westhisi, S. M., & Zahro, I. F. (2019). Pelatihan Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 266–271. https://doi.org/10.23887/paud.v7i3.22297
  4. Estriyanto, Y., Saputra, T. W., Towip, T., & Widiastuti, I. (2023). Pendampingan Publikasi Ilmiah sebagai Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SMK di Surakarta. DEDIKASI: Community Service Reports, 5(1). https://doi.org/10.20961/dedikasi.v5i1.66596
  5. Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70–77. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2602
  6. Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47–53. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128
  7. Kristiawan, M., Nipriansyah, N., Yanti, F. A., & Viona, E. (2022). Penulisan dan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Basicedu, 6(1), 95–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1787
  8. Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi Guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 45–50. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50
  9. Nugroho, A., & Mareza, L. (2023). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Bagi Guru Melalui Metode Think Pair Share. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 62–68. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.5496
  10. Pagiling, S. L., Tembang, Y., Rahayu, D. P., Riyana, M., Sardiana, I. K., Purnawan, N. L. R., & Siti, N. W. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SD dan SMP. International Journal of Community Service Learning, 7(2). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.55607
  11. Sulistiyo, H., Hasanuh, N., Suartini, S. R. I., & Manda, G. S. (2020). Teknik Menelusuri Dan Memahami Artikel Ilmiah di Jurnal Nasional dan Internasional. Absolute Media.
  12. Sumartini, S., Mulyani, M., & Nugroho, B. A. (2019). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Jurnal Puruhita, 1(1), 54–59. https://doi.org/10.15294/PURUHITA.V1I1.28644
  13. Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p
  14. Sutrisno, S., Lestari, M., & Septiani, N. W. P. (2022). Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Kelompok Tenaga Pendidik SMAN 5 Tanggerang Selatan. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.30998/kapas.v1i1.1212
  15. Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., Rediani, N. N., Yudiana, K. E., & Sari, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.52117
  16. Wijayanti, S. H. (2018). Meningkatkan Pengetahuan Guru Sekolah Dasar dalam Menulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 2(2), 6–12. https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jpm/article/view/318
  17. Zuve, F. O., Atmazaki, A., Ardoni, A., Amir, A., Afnita, A., Ulya, R. H., & Henanggil, M. D. F. (2023). In House Training Penelusuran Informasi Berbasis Literasi Digital Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Guru SMPN Kota Padang. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 243–250. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6538