Main Article Content

Abstract





Background: Pembinaan karya kreatif yang paling tepat untuk anak dan remaja yaitu dengan pembinaan yang didasarkan pada teori experiential learning dan constructivism. Anak belajar melalui pengalaman langsung artinya yang dialami anak adalah sesuatu yang dipelajari. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan latihan bagi mitra, yaitu ibu-ibu PKK  yang belum berpengalaman dalam menulis sastra. Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun selama 3 hari, dengan materi tentang menulis sastra sederhana melalui catatan harian. Hasil: Mitra dapat mengungkapkan ide-idenya, curahan hatinya dengan menuliskannya. Hasil pengembangan tulisan peserta dikirim ke pembimbing atau penyaji untuk dikonsultasikan kemudian dibukukan atau diantologikan. Rekomendasi kegiatan ini ialah sebaiknya perlu tindakan berkelanjutan karena berdasarkan informasi dari peserta, masih banyak para mitra yang belum berkesempatan mendapatkan pelatihan menulis sastra di kecamatan Kartoharjo Kota Madiun





Keywords

Teknik Menulis Sastra Ibu-ibu Penggerak PKK Kartoharjo Madiun Teknik Menulis Sastra Ibu-Ibu Penggerak PKK Kartoharjo Madiun

Article Details

How to Cite
Hadi, P. K. (2023). Pengembangan Kreativitas Menulis Sastra pada Kelompok Ibu-Ibu Penggerak PKK di Kecamatan Kartoharjo Madiun. Jurnal SOLMA, 12(3), 1180–1185. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/12818

References

  1. Apriyanti, A., Hariyani, D. S., Jarwa, T., Murniyati, D., Hidayah, M. A., & Pratiwiningtyas, L. (2022). Pemasaran Online Dengan Media Web UMKM Kripik Tempe Sidodadi, Kelun, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat “Wiryakarya,” 1(02), Article 02. https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i02.13203
  2. Ar, A. Z. (2016). Kode Etik Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik; Reaktualisasi dan Pengembangan Kode Etik Guru di Madrasah Aliyah Darul Amin Pamekasan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.2.271-292
  3. Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054
  4. Bodrova, E., & Leong, D. (2012). Tools of the Mind: Vygotskian approach to early childhood education / E. Bodrova, D.J. Leong. (pp. 241–260).
  5. Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330
  6. Dananjaya, U. (2023). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendekia.
  7. Dewey, J. (1958). Experience and Nature. Courier Corporation.
  8. Djajadi, M. (2020). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Guru: Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Fisika. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 1(1), Article 1.
  9. Efferi, A. (2015). Model Pendidikan Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. QUALITY, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/quality.v3i2.1905
  10. Fakhriyah, F., Masfuah, S., & Hilyana, F. S. (2022). TPACK dalam Pembelajaran IPA. Penerbit NEM.
  11. Fitria, C., AR, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Urnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), 88–95.
  12. Gardner, H. (1993). Multiple intelligences: The theory in practice (pp. xvi, 304). Basic Books/Hachette Book Group.
  13. Hasan, H. (2021). Publikasi Ilmiah Bagi Guru Sekolah: Antara Realita dan Harapan. Cross-Border, 4(2), 154–164.
  14. Mualifah, I. (2013). Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.1.101-121
  15. Nadeak, B. (2022). PSIKOLOGI PENDIDIKAN. CV WIDINA MEDIA UTAMA. https://repository.penerbitwidina.com/id/publications/406502/
  16. Rahman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca pada Anak melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(01), 151–174.
  17. Risdoyok, R., & Aprison, W. (2021). Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua dalam Menghadapi Pembelajaran Selama Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 03(05), 2319–2335.
  18. Rustaman, N. Y. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. Prosiding Seminar Biologi, 8(1), Article 1.
  19. Suharto, V. T. (2012). Studi komparasi keefektifan model pembelajaran experiential learning, sinektik, dan pengajaran langsung dalam pembelajaran apresiasi prosa fiksi ditinjau dari kecerdasan emosional siswa. UNS (Sebelas Maret University). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/24089/Studi-komparasi-keefektifan-model-pembelajaran-experiential-learning-sinektik-dan-pengajaran-langsung-dalam-pembelajaran-apresiasi-prosa-fiksi-ditinjau-dari-kecerdasan-emosional-siswa
  20. Supriyanto, A. (2016). Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Daerah Diseminasi Primary Education Quality Improvement Project (PEQIP). Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.17977/jip.v4i4.1253
  21. Wekke, I. S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Deepublish.