Main Article Content

Abstract

Background: Kemampuan guru dalam mengikuti perkembangan teknologi merupakan urgensi dalam kegiatan ini, yaitu: 1) secara content knowledge guru kesulitan dalam menyajikan pembelajaran secara kontekstual yang sejalan dengan esensi dari Kurikulum Merdeka; 2) Pemahaman guru dalam merancang media pembelajaran inovatif masih kurang bervariasi. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta pendampingan kepada guru di MGMP Matematika Komisariat Cisarua dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif bermuatan etnomatematika berbasis digital, yaitu flipper book berbasis Google Sites. Metode: Kegiatan yang dilakukan oleh 30 guru matematika dari MGMP Matematika Komisariat Cianjur ini dilakukan melalui pendekatan etnomatematika yang terbagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil: Aspek pengetahuan guru terkait etnomatematika dan media pembelajaran semakin inovatif. Kesimpulan: Kegiatan ini sangat mendukung peningkatan kemampuan guru dalam merancang dan menyusun bahan ajar digital berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika.  

Keywords

Etnomatematika Flipper Book Google Sites Media Pembelajaran Etnhnomathematics Flipper Book Google Sites Learning Media

Article Details

How to Cite
Nurrahmah, A., Mulyatna, F., & Seruni, S. (2024). Workshop Flipper Book Berbasis Google Sites melalui Pendekatan Etnomatematika bagi Guru . Jurnal SOLMA, 13(1). https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.12691

References

  1. Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., & Rosita, C. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.35
  2. Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.
  3. Fujiawan, V., Setiadi, I. A., Refni, N., Yanto, B., & Mustafa, S. R. (2023). Pelatihan Pengenalan Google Sites Sebagai Media Fleksibel Bagi Guru SMA Negeri 1 Pendalian IV Koto. 1(1), 55–61.
  4. Hariati, H., Ilyas, M., & Siddik, M. (2022). Analisis Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 32–47. https://doi.org/10.53621/jider.v2i1.119
  5. Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). Eksplorasi Kembali Etnomatematika Pada Jajanan Pasar Di Daerah Cileungsi. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(2), 76–84. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2477
  6. Nurrahmah, A., Karim, A., & Suhendri, H. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis IT Bagi Guru MI. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1399
  7. Prihatiningtyas, S., Arrofi’uddin, M. H., & Pertiwi, N. A. S. (2022). Learning Media of Physics-Based on Google Sites with QR Code on Particle Dynamics Material. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 134. https://doi.org/10.31258/jgs.10.2.134-143
  8. Ramadannisa, R. F., & Hartina, M. M. (2021). The Design of Web-Based Learning Using Google Sites for Teaching Heat and Temperature Topic. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2), 107–114. https://doi.org/10.21009/1.07202
  9. Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Primandhika, R. B. (2019). Developing interactive learning media for school level mathematics through open-ended approach aided by visual basic application for excel. Journal on Mathematics Education, 10(1), 59–68. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5391.59-68
  10. Sari, R., Anggreni, F., & Kunci, K. (2023). Penyusunan E-Modul Menggunakan Heyzine Pada KKG MI Se-Kota Langsa. Jurnal Pendidikan Masyarkat Dan Pengapdian, 03(2), 291–299.
  11. Somakim, Hartono, Y., Indaryanti, & Araiku, J. (2021). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Untuk Guru Matematika Di Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 1–12.
  12. Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13897
  13. Susanti, P., Jayadi, P., Hidayati, N. R., Riyanto, S., & Kiswardianta, R. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Website Bagi Guru Smk Cendekia Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 141. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.14022
  14. Trisnani, N., & Utami, W. T. P. (2021). Ethnomathematics-Based Learning Tools. International Journal of Elementary Education, 5(4), 593. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.40574
  15. Widiyanti, W., Tuwoso, T., Marsono, M., & Febrianti, R. (2021). Pemanfaatan Pembuatan E-Book Berbasis Interactive Flip Book Bagi Guru Smk Cendika Bangsa Kepanjen. Jurnal Graha Pengabdian, 3(2), 126. https://doi.org/10.17977/um078v3i22021p126-135