Main Article Content
Abstract
Background: Pelatihan guru dalam Program Pendampingan Pembelajaran STEM menggunakan IoT berbasis Canva merupakan inisiatif yang inovatif untuk memberikan guru alat yang efektif dalam merancang dan menyajikan materi pembelajaran yang menarik, visual, dan mudah dipahami. Dengan demikian, guru akan mampu menghasilkan materi pembelajaran yang dapat merangsang minat dan partisipasi siswa dalam bidang STEM melalui pengalaman praktis dan visual yang mengesankan. Metode: Metode pelaksanaan pada pelatihan ini yaitu koodinasi dengan guru menegenai program pelaksanaan pendampingan program dan evaluasi. Penelitian dilakukan pada guru-guru di SDN 01 Kanigoro Madiun. Hasil: Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa program ini memberikan guru pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengintegrasikan konsep STEM dan IoT ke dalam desain pembelajaran yang kreatif dan menarik menggunakan platform Canva. Kesimpulan: Integrasi pembelajaran STEM menggunakan IoT berbasis Canva memberikan cara baru yang efektif dan menarik dalam mengajarkan konsep-konsep STEM kepada siswa.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Abdurahman, A., Kautsar, S., & Arifin, S. (2019). Pembuatan Perangkat Aplikasi Berbasis IoT untuk Mendukung Program Peningkatan Keterampilan Guru dan Siswa MAN 1 Jember di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember Tahun 2019, 243–246. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1736/1081
- Acar, D., Tertemiz, N., & Taşdemir, A. (2018). The effects of STEM training on the academic achievement of 4th graders in science and mathematics and their views on STEM training teachers. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 505–513. https://doi.org/10.26822/iejee.2018438141
- Annisa, N. N., Suhartini, E., Buhari, M. R., & Arafah, A. A. (2022). Pengembangan LKPD IPA Berbasis STEM pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 682–689.
- Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Alam, P., & Cenderawasih, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru Di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.
- Beng, J. T., Roesmala Dewi, F. I., Fiscarina, C., Chandra, D., Mauli, F., Ramadhani, L. A., & Tiatri, S. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar Kabupaten Belitung Dalam Mengembangkan Pembelajaran Stem (Science Technology Engineering and Mathematics) Menggunakan Iot (Internet of Things). Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 10–20. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.16075
- Gokhale, P., Bhat, O., & Bhat, S. (2018). Introduction to IoT. IARJSET: International Advanced Research Journal in Science, Engineering and Technology, 5(1), 40–44. https://doi.org/10.1017/9781108913560
- Gonzalez, H. B., & Kuenzi, J. J. (2012). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Congressional Research Service, 97–142.
- Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644–6649. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2005
- Inayah, R., Aswirna, P., & Asrar, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Etno- Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Journal Cerdas Mahasiswa, 4(2), 189–200.
- Jolly, A. (2017). STEM By Design Strategies and Activities for Grades 4-8. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
- Latifah, Triwoelandari, R., & Irfani, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Canva Pada Pembelajaran Ipa Berbasis STEM. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 9(1), 32–43. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.317
- Lestari, T. P., & Sumarti, S. S. (2018). STEM-Based Project Based Learning Model to Increase Science Process and Creative Thinking Skills of 5 th Grade. Journal of Primary Education, 7(1), 18–24. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v7i1.21382
- Park, W., Wu, J. Y., & Erduran, S. (2020). The Nature of STEM Disciplines in the Science Education Standards Documents from the USA, Korea and Taiwan: Focusing on Disciplinary Aims, Values and Practices. Science and Education, 29(4), 899–927. https://doi.org/10.1007/s11191-020-00139-1
- Putra, L. V., & Purwanti, K. Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i1.18113
- Santiana, S., & Marzuki, A. G. (2021). Integrating Lms Canvas In EFL Classroom. 4th International Multidisciplinary Research Conference (IMRC 2021), 1(1), 1–17.
References
Abdurahman, A., Kautsar, S., & Arifin, S. (2019). Pembuatan Perangkat Aplikasi Berbasis IoT untuk Mendukung Program Peningkatan Keterampilan Guru dan Siswa MAN 1 Jember di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember Tahun 2019, 243–246. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1736/1081
Acar, D., Tertemiz, N., & Taşdemir, A. (2018). The effects of STEM training on the academic achievement of 4th graders in science and mathematics and their views on STEM training teachers. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 505–513. https://doi.org/10.26822/iejee.2018438141
Annisa, N. N., Suhartini, E., Buhari, M. R., & Arafah, A. A. (2022). Pengembangan LKPD IPA Berbasis STEM pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 682–689.
Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Alam, P., & Cenderawasih, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru Di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.
Beng, J. T., Roesmala Dewi, F. I., Fiscarina, C., Chandra, D., Mauli, F., Ramadhani, L. A., & Tiatri, S. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar Kabupaten Belitung Dalam Mengembangkan Pembelajaran Stem (Science Technology Engineering and Mathematics) Menggunakan Iot (Internet of Things). Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 10–20. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.16075
Gokhale, P., Bhat, O., & Bhat, S. (2018). Introduction to IoT. IARJSET: International Advanced Research Journal in Science, Engineering and Technology, 5(1), 40–44. https://doi.org/10.1017/9781108913560
Gonzalez, H. B., & Kuenzi, J. J. (2012). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Congressional Research Service, 97–142.
Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644–6649. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2005
Inayah, R., Aswirna, P., & Asrar, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Etno- Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Journal Cerdas Mahasiswa, 4(2), 189–200.
Jolly, A. (2017). STEM By Design Strategies and Activities for Grades 4-8. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Latifah, Triwoelandari, R., & Irfani, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Canva Pada Pembelajaran Ipa Berbasis STEM. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 9(1), 32–43. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.317
Lestari, T. P., & Sumarti, S. S. (2018). STEM-Based Project Based Learning Model to Increase Science Process and Creative Thinking Skills of 5 th Grade. Journal of Primary Education, 7(1), 18–24. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v7i1.21382
Park, W., Wu, J. Y., & Erduran, S. (2020). The Nature of STEM Disciplines in the Science Education Standards Documents from the USA, Korea and Taiwan: Focusing on Disciplinary Aims, Values and Practices. Science and Education, 29(4), 899–927. https://doi.org/10.1007/s11191-020-00139-1
Putra, L. V., & Purwanti, K. Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i1.18113
Santiana, S., & Marzuki, A. G. (2021). Integrating Lms Canvas In EFL Classroom. 4th International Multidisciplinary Research Conference (IMRC 2021), 1(1), 1–17.