Main Article Content

Abstract

Background: Pelatihan guru dalam Program Pendampingan Pembelajaran STEM menggunakan IoT berbasis Canva merupakan inisiatif yang inovatif untuk memberikan guru alat yang efektif dalam merancang dan menyajikan materi pembelajaran yang menarik, visual, dan mudah dipahami. Dengan demikian, guru akan mampu menghasilkan materi pembelajaran yang dapat merangsang minat dan partisipasi siswa dalam bidang STEM melalui pengalaman praktis dan visual yang mengesankan. Metode: Metode pelaksanaan pada pelatihan ini yaitu koodinasi dengan guru menegenai program pelaksanaan pendampingan program dan evaluasi. Penelitian dilakukan pada guru-guru di SDN 01 Kanigoro Madiun. Hasil: Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa program ini memberikan guru pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengintegrasikan konsep STEM dan IoT ke dalam desain pembelajaran yang kreatif dan menarik menggunakan platform Canva. Kesimpulan: Integrasi pembelajaran STEM menggunakan IoT berbasis Canva memberikan cara baru yang efektif dan menarik dalam mengajarkan konsep-konsep STEM kepada siswa.

Keywords

Canva IoT Pelatihan Guru STEM

Article Details

How to Cite
Fida Rahmantika Hadi, Liya Atika Anggrasari, & Endang Sri Maruti. (2023). Pelatihan Guru SD Dalam Pembelajaran STEM Menggunakan IoT Berbasis Canva. Jurnal SOLMA, 12(2), 779–784. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12573

References

  1. Abdurahman, A., Kautsar, S., & Arifin, S. (2019). Pembuatan Perangkat Aplikasi Berbasis IoT untuk Mendukung Program Peningkatan Keterampilan Guru dan Siswa MAN 1 Jember di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember Tahun 2019, 243–246. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1736/1081
  2. Acar, D., Tertemiz, N., & Taşdemir, A. (2018). The effects of STEM training on the academic achievement of 4th graders in science and mathematics and their views on STEM training teachers. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 505–513. https://doi.org/10.26822/iejee.2018438141
  3. Annisa, N. N., Suhartini, E., Buhari, M. R., & Arafah, A. A. (2022). Pengembangan LKPD IPA Berbasis STEM pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 682–689.
  4. Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Alam, P., & Cenderawasih, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru Di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.
  5. Beng, J. T., Roesmala Dewi, F. I., Fiscarina, C., Chandra, D., Mauli, F., Ramadhani, L. A., & Tiatri, S. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar Kabupaten Belitung Dalam Mengembangkan Pembelajaran Stem (Science Technology Engineering and Mathematics) Menggunakan Iot (Internet of Things). Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 10–20. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.16075
  6. Gokhale, P., Bhat, O., & Bhat, S. (2018). Introduction to IoT. IARJSET: International Advanced Research Journal in Science, Engineering and Technology, 5(1), 40–44. https://doi.org/10.1017/9781108913560
  7. Gonzalez, H. B., & Kuenzi, J. J. (2012). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Congressional Research Service, 97–142.
  8. Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644–6649. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2005
  9. Inayah, R., Aswirna, P., & Asrar, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Etno- Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Journal Cerdas Mahasiswa, 4(2), 189–200.
  10. Jolly, A. (2017). STEM By Design Strategies and Activities for Grades 4-8. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
  11. Latifah, Triwoelandari, R., & Irfani, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Canva Pada Pembelajaran Ipa Berbasis STEM. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 9(1), 32–43. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.317
  12. Lestari, T. P., & Sumarti, S. S. (2018). STEM-Based Project Based Learning Model to Increase Science Process and Creative Thinking Skills of 5 th Grade. Journal of Primary Education, 7(1), 18–24. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v7i1.21382
  13. Park, W., Wu, J. Y., & Erduran, S. (2020). The Nature of STEM Disciplines in the Science Education Standards Documents from the USA, Korea and Taiwan: Focusing on Disciplinary Aims, Values and Practices. Science and Education, 29(4), 899–927. https://doi.org/10.1007/s11191-020-00139-1
  14. Putra, L. V., & Purwanti, K. Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i1.18113
  15. Santiana, S., & Marzuki, A. G. (2021). Integrating Lms Canvas In EFL Classroom. 4th International Multidisciplinary Research Conference (IMRC 2021), 1(1), 1–17.