Main Article Content

Abstract

Background: Pembelajaran daring yang diterapkan selama pandemi memberikan dampak pada media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Diperlukan media khusus agar tujuan pembelajaran tercapai. Platform yang digunakan untuk membuat media pembelajaran daring sangat beragam, salah satunya adalah Powtoon. Pelatihan Powtoon bagi guru dapat dijadikan solusi untuk menghasilkan media pembelajaran yang inovatif dan variatif.  Metode: SMPN 1 Selorejo sebagai sekolah yang terus melakukan inovasi menjadi sasaran pengabdian ini. Pelatihan dikuti oleh 40 orang guru SMPN 1 Selorejo. Tahapan pengabdian terbagi menjadi tiga yaitu perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dan pasca kegiatan. Hasil: Semua tahapan pelatihan terlaksana dengan baik. Angket persepsi diberikan kepada peserta, berikut ini rata-rata perolehan skor: materi sebesar 78%, instruktur 80%, suasana kegiatan 80%, dan media pelatihan 78%. Peserta pelatihan dapat menyelesaikan delapan modul dengan baik. Pelatihan terkait dengan pembuatan media pembelajaran yang diharapkan dapat terus berlanjut dengan menggunakan platform yang lain.

Keywords

Media Pembelajaran Powtoon Inovatif Variatif

Article Details

How to Cite
Kholifah, U., Endramawan, P., Arifki, M. M. F. N., & Hasan, S. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Powtoon untuk Guru SMPN 1 Selorejo . Jurnal SOLMA, 12(2), 492–500. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12415

References

  1. Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 123–132.
  2. Anggita, Z. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.26618/jk.v7i2.4538
  3. Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
  4. Febriani Putri, E. (2021). Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 198–205. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
  5. Fransisca, M., Yunus, Y., & Permata Saputri, R. (2021a). Tingkat Kepuasan Peserta Workshop Media Pembelajaran Berbasis Android. 5.
  6. Fransisca, M., Yunus, Y., & Permata Saputri, R. (2021b). Tingkat Kepuasan Peserta Workshop Media Pembelajaran Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5, 180–187.
  7. Hidayati, F. N., & Fatmawati, N. L. (2022). Pengembangan video animasi powtoon sebagai media pembelajaran linguistik jarak jauh. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(1), 55–67. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i1.19284
  8. Hikmatul Mutiara, M. A. (2022). Memanfaatkan Media Pembelajaran Yang Inovatif untuk Membangun Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Menulis. Membangun Insan Cendekia Di Era Society 5.0 Melalui Inovasi Pembelajaran, 519–526.
  9. Janattaka, N. P. C. C. A. (2021). Peran Platform Digital dalam Pembelajaran Daring. Almufi Jurnal Pendidikan (AJP), 1(3), 138–146. http://almufi.com/index.php/AJPhttp://almufi.com/index.php/AJP
  10. Kusumawardhani, R. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Inovatif Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 319–327.
  11. Lestari, K. A., Suranata, K., & Wira Bayu, G. (2022). Animated Video-Based Learning Media Assisted with Powtoon on Living Things Characteristics Topic. International Journal of Elementary Education, 6(3), 511–517. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.53418
  12. Nurdiansyah, E., El Faisal, E., Keguruan, F., & Revisi Dipublikasikan, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. www.PowToon.com.
  13. Pais, M. H. R., Nogués, F. P., & Muñoz, B. R. (2017). Incorporating powtoon as a learning activity into a course on technological innovations as didactic resources for pedagogy programs. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(6), 120–131. https://doi.org/10.3991/ijet.v12i06.7025
  14. Sholihah, I. N. H. T. (2020). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Bimbingan Klasikal Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). ProsidingSeminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020, 50–58.
  15. Siahaan, M., Akuntansi, P., Ekonomi, F., Bhayangkara, U., Raya, J., Raya Perjuangan, J., Mulya, M., & Utara, B. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1(1), 1–6. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI
  16. Sulastri, D., & Sukabumi, U. M. (2020). Pemanfaatan Platform Digital Dalam Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 219–229. https://doi.org/10.21009/JPD.011.22
  17. Wintarti, A., & Abadi. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru-Guru Di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal ABDI, 7(1), 1–5.