Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi maka perlu generasi yang memiliki kompetensi unggul dalam menghadapi era tersebut dengan cara mengembangkan media dari penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di dunia pendidikan. Sayangnya, di SMP PGRI 1 Tempurejo belum ada fasilitas media yang dapat digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran di sekolah. Adanya pelatihan pembuatan media pengatur sirkulasi udara sebagai bentuk untuk meningkatkan kompetensi siswa serta sebagai sarana penunjang proses pembelajaran dan kesehatan siswa. Metode: Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu menggunakan pendekatan Service Learning. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk lokakarya yang berisi pemberian materi dan pelatihan pembuatan media pengatur sirkulasi udara berbasis sensor. Hasil: Hasil menunjukkan data dari angket dan hasil nilai pre-test serta post-test menunjukkan presentase respon siswa sebesar 88% hal ini menunjukkan kriteria sangat positif. Hasil belajar siswa pretest rata-rata nilainya sebesar 62.67 dan nilai rata-rata hasil belajar pada posttest sebesar 85.33. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belahar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis sensor pokok bahasan suhu. Kesimpulan: Siswa SMP PGRI 1 Tempurejo sebagai peserta dalam pelatihan ini sudah mampu memahami bagaimana pembuatan dan penggunaan media pengatur sirkulasi udara berbasis sensor untuk menunjang proses pembelajaran dan kesehatan di sekolah.

Article Details

How to Cite
Prabandari, A. M., Divian Chandhani, E., Kasanah, N., Nur Wulandari, P., Septi Pratiwi, A., Widi Inayati Hamidah, L., Dewi Cahyani, V., Muhammad Syahreza Hery Putra, Rifqi Abrori, Batrisyia Rumidzati, & Alex Harijanto. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pengatur Sirkulasi Udara Berbasis Sensor untuk Menunjang Proses Pembelajaran dan Kesehatan Siswa SMP PGRI 1 Tempurejo . Jurnal SOLMA, 12(2). https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12352

References

  1. Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., & Umam, M. H. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat.
  2. Chandhani, E. D., Kasanah, N., Maulida, R. Y., Firdausyiah, W., & Fransisco, R. (2023). Perancangan Alat Praktikum Optik Materi Lensa Cekung dan Cembung Berbasis Arduino dan Sensor Ultrasonic HC-SR04. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 11(1), 31–36.
  3. D. Widayaka, N. R., Windayani, B., Sisephaputra, A. L., Wardani, & Zulfikar, A. R. (2022). Pengabdian masyarakat : Trainer Board Mikrokontroler Berbasis Arduino sebagai Media Pembelajaran di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Pamekasan. Lumbung Inovasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 471–478.
  4. Dewi, W. C., Raharjo, M., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Literatur Review : Hubungan Antara Kualitas Udara Ruang Dengan Gangguan Kesehatan Pada Pekerja. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 88–94.
  5. Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint pokok Bahasan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 49–53.
  6. Faridah, N. R., Afifah, & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716.
  7. Gunawan, & Ananda, F. (2017). Aspek kenyamanan Termal Ruang Belajar Gedung Sekolah Menengah Umum di Wilayah Kec. Mandau. Jurnal Inovtek Polbeng, 7(2), 98–103.
  8. Hamzah, H., Agriawan, M. N., & Abubakar, M. z. (2020). Analisis Tingkat kebisingan Menggunakan Sound Level Meter Berbasis Arduino Uno di Kabupaten Majene. J-HEST : Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 25–32.
  9. Hamzah, H., Agriawan, M. N., & Saldi, M. (2021). uji Kelayakan Konsumsi Air Sungai Mandar Menggunakan Sensor pH Berbasis Arduino Uno. SAINTIFIK : Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 7(2), 167–171.
  10. Hamzah, H., Hajati, K., & Darmawan. (2021). Pengembangan Osiloskop Berbasis Arduino Uno Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC), 3(2), 80–87.
  11. Hamzah, H., Musdar, M., & Hasrul. (2021). Pengembangan Alat Ukur Suhu Menggunakan Sensor LM35 Berbasis Arduino Uno Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC), 4(1), 7–15.
  12. Nugroho, M. A. (2011). Preliminary Study of Thermal Environment in Malaysia‘s Terraced House. Journal and Economic Engineering, 2(1), 25–28.
  13. Qomariyah, N., & Wirawan, R. (2018). Aplikasi Sensor Infrared dan Arduino Uno untuk Alat Peraga Sederhana Gerak Jatuh Bebas. Teknologi Tepat Guna, 1, 652–659.
  14. Rezeki, Y. S., Wardah, & Rosnija, E. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Desa Sandai, Kalimantan Barat. Tridharma Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 104–108.
  15. Susetyarini, E., Rofieq, A., Latifa, R., & Nurrohman, E. (2023). Pendampingan Guru untuk Mengimplementasikan Lesson Study-Learning Community (LS-LC) Di SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu. Jurnal SOLMA, 12(1), 294–303. https://doi.org/10.22236/SOLMA.V12I1.11143
  16. Zulaichah, S. S., Sukarmin, & Masykuri, M. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Inquiry Lesson Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana untuk Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Siswa. Edusains, 13(1), 65–73.