Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengalami kemajuan yang pesat, salah satunya dalam bidang pendidikan. Saat ini tercatat hanya 51% dari seluruh jumlah pendidik di Indonesia yang telah memenuhi persyaratan sertifikasi pemerintah Indonesia membuka program profesi guru (PPG). Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui besar peningkatan kualitas pendidikan calon guru melalui PPG Prajabatan sebagai bekal PPL dalam rangka mencapai SDGs pendidikan desa berkualitas. Metode: Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, atau pendekatan deskriptif, pembahasannya didasarkan pada hasil kajian pustaka dengan
menggunakan berbagai sumber buku, artikel ilmiah dari sumber jurnal yang relevan, dan hasil penelitian terdahulu yang sesuai dengan topik pembahasan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi literatur yang diambil dari penelitianpenelitian terdahulu dari berbagai jurnal. Hasil: Dari seluruh responden, sebanyak
62,5% berpendapat bahwa penting untuk mengikuti perkuliahan PPG Prajabatan.
seluruh responden berpendapat bahwa terdapat peningkatan SDGs Pendidikan desa berkualitas. Kesimpulan: Mahasiswa memerlukan peningkatan kesadaran akan pentingnya kualifikasi profesional guru yang bisa didapatkan dengan mengikuti perkuliahan PPG Prajabatan. Selain itu, dari hasil kegiatan PPL yang dilakukan oleh mahasiswa PPG Prajabatan membawa dampak yang besar salah satunya adalah
terdapat peningkatan SDGs Pendidikan desa berkualitas.

Article Details

How to Cite
isna, I. juni fitriyah, Dian Nugraheni, Erti Hamim, Yayuk Mulyati, Aisyah Az-Zahro, & Fatimah Az-Zahro. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Calon Guru Melalui PPG Prajabatan Sebagai Bekal PPL Dalam Rangka Mencapai SDGs Pendidikan Desa Berkualitas. Jurnal SOLMA, 12(2). https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12340

References

  1. Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal MasalahMasalah Sosial, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229
  2. Guntari, Y., Aditiani, F. J., Haq, H. D., & Firmansyah, R. Y. (2023). Implementasi SDGs Pendidikan Desa Berkualitas Di Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Prosiding Peran Desa Dalam Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Percepatan Transformasi Digital, 243–247.
  3. Kasim, M., & Zainuri, A. (2021). Maintain balance between marine and terrestrial ecosystems and salutation movement within the dulupi district to support the achievement of SDGs village care for the environment. Jurnal Sibermas; Sinergi Bersama Masyarakat, 11(6), 1178–1188. https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i6.12658
  4. Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. AoEJ: Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
  5. Maulana, I., Rahma, N. A., Mahfirah, N. F., Alfarizi, W., & Darlis, A. (2023). Meningkatkan Profesional Guru dengan Program Pendidikan Profesi Guru ( PPG ). Journal On Education, 05(02), 2158–2167.
  6. Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug. AUDHI: Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.595
  7. Pangestika, R. R., & Fitri, A. (2015). Pendidikan Profesi Guru (Ppg): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 1995, 671–683.
  8. Putri, N. S., Ilmi, N., & Wafa, U. (2023). Pandangan mahasiswa pendidikan teknologi agroindustri sebagai calon guru smk terhadap gaya hidup berkelanjutan dalam kurikulum. Jurnal Edufortech, 8(1), 25–38. https://doi.org/10.17509/edufortech.v8i1.55690
  9. Rambitan, V. M. M., & Hardoko, A. (2016). Pengembangan Disain Manajemen untuk Efektifitas Implementasi Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) di Daerah Perbatasan Propinsi Kalimantan Timur dan Utara. 13(1), 388–398.
  10. Sa’Diyah, H. A. (2023). Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sebagai Upaya Peningkatan Profesional Guru. Seri Publikasi Pembelajaran: Profesi Kependidikan, 1(1), 1–12.
  11. Safitri, A. O., Dewi, D. A., & F, F. Y. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Pribadi yang Berkarakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5328–5335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1632
  12. Soraya, E., & Suryadi. (2019). Pengembangan Lembaga Pendidikan Sebagai Organisasi Pengembangan Lembaga Pendidikan Dan Pembelajaran. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan, 6(2), 28–44. https://doi.org/10.21009/improvement.v6i02.13626
  13. Sudagung, A. D., Putri, V., Evan, J., Sasiva, I., & Olifiani, L. P. (2019). Upaya Indonesia Mencapai Target Suistainable Development Goals Bidang Pendidikan di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat (2014-2019). Jurnal Polinter: Kajian Politik Dan Hubungan Internasional, 5(1), 1–27.
  14. Sulastri, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal Of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
  15. Sunaryo, H., Handayani, T., & Zuriah, N. (2020). Kesiapan Mahasiswa PPG dalam jabatan untuk menempuh program praktik pengalaman lapangan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12430
  16. Susetyarini, E., Rofieq, A., Latifa, R., & Nurrohman, E. (2023). Pendampingan Guru untuk Mengimplementasikan Lesson Study-Learning Community (LS-LC) Di SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu. Jurnal SOLMA, 12(1), 294–303. https://doi.org/10.22236/SOLMA.V12I1.11143
  17. Utami, H. T. (2021). Kajian Kompetensi Paedagogik Guru Ips Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang. Jurnal Economic Edu, 2(2), 155–170.
  18. Yanti, H., & Syahrani. (2021). Standar Bagi Pendidik Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Adiba: Journal of Education, 1(1), 61–68.
  19. Zulfadewina, Z., Nurmawati, N., & Meilana, S. F. (2018). Peningkatan Profesionalisme Pedagogik Mengajar Guru TK, SD, SMP/MTS Melalui Pelatihan Mengajar Gaya Motivator (MGM): -. Jurnal SOLMA, 7(1), 83–89. https://doi.org/10.29405/SOLMA.V7I1.66