Main Article Content
Abstract
Background: Kampung Tehyan merupakan kampung tematik yang mengangkat budaya Cina Benteng di Tangerang, Provinsi Banten. Di Kampung ini terdapat komunitas yang menjual makanan dan minuman secara konvensional. Padahal di era digital, penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran makanan dan minuman tidak dapat lagi dielakkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman warga tentang penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran makanan dan minuman. Metode: Mitra dalam pelatihan ini adalah warga Kampung Tehyan yang memiliki usaha makanan dan minuman dengan jumlah 30 orang. Penyampaian materi dilakukan secara langsung di kawasan Kampung Tehyan, dengan metode ceramah. Pretest dan Post-test dilakukan untuk memeriksa peningkatan pemahaman peserta perihal penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran makanan dan minuman. Hasil: Dari pelatihan yang dilakukan oleh tim pengabdian kepada masyarakat ditemukan hasil yang sangat positif. Peningkatan pemahaman peserta mengenai teknologi informasi yang digunakan dalam pemasaran makanan dan minuman terjadi secara signifikan. Peningkatan paling tinggi terjadi pada pemahaman atas topik e-commerce dan QRIS. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil dan diharapkan warga dapat menggunakan teknologi informasi dengan lebih baik dalam pemasaran usaha makanan dan minuman.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Furtado, N. G., Canto, R. S., Oliveira, S. L., & Moretti, S. L. (2017). Perceptions in the use of Technology for payments: A study of customer behavior in food and Beverage Sector. Ágora : Revista de Divulgação Científica, 22(2), 4. https://doi.org/10.24302/agora.v22i2.1602
- Gonzalez, R., Gasco, J., & Llopis, J. (2022). Information and communication technologies in food services and restaurants: A systematic review. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 34(4), 1423–1447. https://doi.org/10.1108/ijchm-05-2021-0624
- Herawati, N., Nisa, K., Saidi, S., & Setiawan, E. (2022). Pelatihan Teknik survei Secara Langsung Dan Survei online Dalam Pendataan infromasi Desa Bagi aparatur desa Karang Anyar, Kabupaten Lampung Selatan. BUGUH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(3), 95–99. https://doi.org/10.23960/buguh.v2n3.1215
- Herlinda. (2018). Evaluasi Implementasi Program Pengabdian Masyarakat Tematik Posdaya Berbasis Masjid Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal EL-RIYASAH, 8(2), 47. https://doi.org/10.24014/jel.v8i2.4408
- Hidayah, I. N., Rohmah, N. F., & Saifuddin, M. (2021). Effectiveness of digital platforms as food and beverage marketing media during the covid-19 pandemic. Airlangga Journal of Innovation Management, 2(2), 122. https://doi.org/10.20473/ajim.v2i2.30696
- Jasmine, R., & Fawzi, I. L. (2022). Proses Pembentukan Kampung Tematik Di Kampung Budaya Tehyan, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Jurnal Pembangunan Manusia, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jpm.v3i2.1034
- Kaur, G. (2011). Study and Analysis of Lecture Model of Teaching. International Journal of Educational Planning & Administration, 1(1).
- Ko, C.-H. (2020). Exploring information technology’s adoption in restaurants. OALib, 07(06), 1–17. https://doi.org/10.4236/oalib.1106470
- Nguyen, X. T., Nguyen, T. H., Dang, H. P., Pham, T. L. P., Bui, T. T., Tran, N. M., Huynh, T. A., & Nguyen, N. P. (2022). E-commerce Adoption in Distribution: An Empirical Study on Household Businesses in Food and Beverage Industry. Journal of Distribution Science, 20(2), 65–77. https://doi.org/10.15722/jds.20.02.202202.65
- Poon, W. C., & Tung, S. E. (2022). The rise of online food delivery culture during the COVID-19 pandemic: An analysis of intention and its associated risk. European Journal of Management and Business Economics. https://doi.org/10.1108/ejmbe-04-2021-0128
- Talukder, M. B., Kumar, S., Sood, K., & Grima, S. (2023). Information Technology, Food Service Quality and restaurant revisit intention. International Journal of Sustainable Development and Planning, 18(1), 295–303. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180131
- Tobing, G. J., Abubakar, L., & Handayani, T. (2021). Analisis Peraturan Penggunaan Qris Sebagai Kanal Pembayaran Pada praktik UMKM Dalam Rangka Mendorong
References
Furtado, N. G., Canto, R. S., Oliveira, S. L., & Moretti, S. L. (2017). Perceptions in the use of Technology for payments: A study of customer behavior in food and Beverage Sector. Ágora : Revista de Divulgação Científica, 22(2), 4. https://doi.org/10.24302/agora.v22i2.1602
Gonzalez, R., Gasco, J., & Llopis, J. (2022). Information and communication technologies in food services and restaurants: A systematic review. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 34(4), 1423–1447. https://doi.org/10.1108/ijchm-05-2021-0624
Herawati, N., Nisa, K., Saidi, S., & Setiawan, E. (2022). Pelatihan Teknik survei Secara Langsung Dan Survei online Dalam Pendataan infromasi Desa Bagi aparatur desa Karang Anyar, Kabupaten Lampung Selatan. BUGUH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(3), 95–99. https://doi.org/10.23960/buguh.v2n3.1215
Herlinda. (2018). Evaluasi Implementasi Program Pengabdian Masyarakat Tematik Posdaya Berbasis Masjid Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal EL-RIYASAH, 8(2), 47. https://doi.org/10.24014/jel.v8i2.4408
Hidayah, I. N., Rohmah, N. F., & Saifuddin, M. (2021). Effectiveness of digital platforms as food and beverage marketing media during the covid-19 pandemic. Airlangga Journal of Innovation Management, 2(2), 122. https://doi.org/10.20473/ajim.v2i2.30696
Jasmine, R., & Fawzi, I. L. (2022). Proses Pembentukan Kampung Tematik Di Kampung Budaya Tehyan, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Jurnal Pembangunan Manusia, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jpm.v3i2.1034
Kaur, G. (2011). Study and Analysis of Lecture Model of Teaching. International Journal of Educational Planning & Administration, 1(1).
Ko, C.-H. (2020). Exploring information technology’s adoption in restaurants. OALib, 07(06), 1–17. https://doi.org/10.4236/oalib.1106470
Nguyen, X. T., Nguyen, T. H., Dang, H. P., Pham, T. L. P., Bui, T. T., Tran, N. M., Huynh, T. A., & Nguyen, N. P. (2022). E-commerce Adoption in Distribution: An Empirical Study on Household Businesses in Food and Beverage Industry. Journal of Distribution Science, 20(2), 65–77. https://doi.org/10.15722/jds.20.02.202202.65
Poon, W. C., & Tung, S. E. (2022). The rise of online food delivery culture during the COVID-19 pandemic: An analysis of intention and its associated risk. European Journal of Management and Business Economics. https://doi.org/10.1108/ejmbe-04-2021-0128
Talukder, M. B., Kumar, S., Sood, K., & Grima, S. (2023). Information Technology, Food Service Quality and restaurant revisit intention. International Journal of Sustainable Development and Planning, 18(1), 295–303. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180131
Tobing, G. J., Abubakar, L., & Handayani, T. (2021). Analisis Peraturan Penggunaan Qris Sebagai Kanal Pembayaran Pada praktik UMKM Dalam Rangka Mendorong