Main Article Content

Abstract

Background: Setiap mahasiswa diwajibkan untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah, baik itu untuk laporan praktik kerja lapangan atau untuk menuliskan hasil laporan tugas akhir. Dalam penulisan karya ilmiah, penulisan sitasi dan pengelolaan referensi jurnal merupakan hal yang penting. Studi ini bertujuan untuk memberikan peningkatan keterampilan kepada mahasiswa Universitas Teknologi Digital (UTD) Kota Tegal dalam hal penulisan sitasi dan pengelolaan artikel jurnal sebagai referensi penulisan karya ilmiah menggunakan Mendeley. Metode: Metode yang digunakan, yaitu ceramah, pelatihan, dan pendampingan, mulai dari instalasi Mendeley - penulisan daftar pustaka secara otomatis. Mitra dalam pengabdian masyarakat ini adalah mahasiswa semester 6 dan mahasiswa semester 4, UTD Kota Tegal yang berjumlah 50 mahasiswa. Hasil: Hasilnya, 72% telah mengimplementasikan Mendeley dalam penulisan laporan karya ilmiah dan hanya beberapa mahasiswa yang belum mahir dalam penggunaan sitasi dengan memanfaatkan Mendeley desktop ini. Kesimpulan: Pelatihan pengenalan dan implementasi Mendeley ini memberikan peningkatan kemampuan keterampilan mahasiswa dalam hal  penulisan  jurnal ilmiah, khususnya untuk melakukan sitasi, pengelolaan artikel jurnal ilmiah sebagai referensi penelitian, dan cara menuliskan daftar pustaka secara otomatis.

Keywords

Mendeley Penulisan Karya Ilmiah Praktik Kerja Lapangan Tugas Akhir

Article Details

How to Cite
Ida Afriliana, & Aries Setyani. (2023). Pengenalan Mendeley untuk Pengelolaan Referensi Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Universitas Teknologi Digital. Jurnal SOLMA, 12(2), 796–802. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.11712

References

  1. Anwar, R. N. (n.d.). PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE MENDELEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA Rosyida. 1–6.
  2. Arthaningtyas, D. R., Handayani, I. D., Suharyo, S., & Widorini, T. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN MENDELEY UNTUK MENGINTEGRASIKAN LITERATUR KARYA ILMIAH DI SMA NEGERI 2 MRANGGEN. 7, 612–619.
  3. Asnawi, A., Wahyuni, S., Alber, A., & Etfita, F. (2021). Pelatihan Manajemen Referensi Menggunakan Mendeley untuk Menulis Artikel Ilmiah bagi Guru-guru MGMP SMP Negeri di Pekanbaru. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 148. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i2.5148
  4. Falah, S. (2019). Pelatihan Mendeley Dan Anti-Plagiat Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. The Community Engagement Journal : The Commen, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.52062/thecommen.v2i2.99
  5. MacMillan, D. (2012). Mendeley: Teaching scholarly communication and collaboration through social networking. Library Management, 33(8), 561–569. https://doi.org/10.1108/01435121211279902
  6. Maryanti, & Qadriah, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Logis Matematik Siswa Smk Negeri 1 Sigli Melalui Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Maple. Jurnal Sains Riset, 9(2), 9–16. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i2.109
  7. Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819.
  8. Patak, A. A., Tahir, M., & Jahrir, A. S. (2022). Exploring Mendeley-based thesis supervision model to avoid plagiarism. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4), 2182–2191. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.23295
  9. Putra, I. S., Islamiati, N., & Komalasari, L. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Pembelajaran Theorema Pyhtagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 333–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.333-342
  10. Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200
  11. Ramadhan, F. A. (2015). Analisis akses jurnal elektronik Perpustakaan Universitas Airlangga bagi mahasiswa Universitas Airlangga. Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 1(3), 1–14.
  12. Safaruddin, S., Juhaeni, J., Salsabila, Z. P., Salehudin, M., & Risnawati, R. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Menggunakan Manajemen Referensi Menggunakan Software Mendeley. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 172–179. https://doi.org/10.53621/jippmas.v2i2.134
  13. Saparwadi, L., & Yuwono, T. (2019). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Sofware Maple: Studi Perbedaan Hasil Kerja Mahasiswa dengan Menggunakan Maple dan Tanpa Menggunakan Maple. Jurnal Elemen, 5(1), 23. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.722
  14. Sari, F. A. (2022). Pelatihan Penggunaan Mendeley Sebagai Software Manajeman Referensi Untuk Penulisan Tugas Akhir. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 113–123. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i1.1841
  15. Septiani, P. E. (2019). Jurnal Pengabdian Masyarakat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105–111. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2729
  16. Sujarwati, I., Azwandi, A., & Syafryadin, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Pengelolaan Sitasi dan Referensi Karya Ilmiah. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i1.18303
  17. Sylviani, S., Permana, F. C., & Rinjani, D. (2019). Penggunaan Maple dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Materi Integral. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(2), 61–70. https://doi.org/10.17509/edsence.v1i2.21681
  18. Triyanto, T., Marefanda, N., Maifizar, A., Nurkhalis, N., Saputra, A., Yana, R. H., & Sri Lestari, Y. (2020). Transfer Knowledge: Submit Artikel Pada Jurnal Online Berbasis OJS Untuk IPELMAS. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 52. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2347
  19. Wuryandini, A. R., Pakaya, L., & Hartana, K. (n.d.). Jurnal Sibermas ( Sinergi Pemberdayaan Masyarakat ) Pelatihan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi bagi Mahasiswa PENDAHULUAN Perkembangan zaman yang semakin lama mengalami kemajuan yang pesat , memacu manusia sebagai user mau tak mau harus menerima keada.
  20. Yuningrum, H., Sahayati, S., Krisdiyanto, F. J., Kesehatan, I., & Yogyakarta, R. (2022). Pelatihan Mendeley Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir, Universitas Respati Yogyakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 667–671. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3388