Main Article Content

Abstract

Background: Hasil survei menunjukkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia mencapai 179 juta dan total pengguna internet mencapai 210 juta orang. Dengan demikian pemanfaatan media sosial untuk membentuk branding diri perlu dilakukan agar dapat memberikan penilaian yang positif bagi orang lain di dunia maya. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini untuk meningkatkan personal branding pengurus Karang Taruna Unit 03 Kelurahan Tanjung Priok. Metode: Peserta kegiatan pelatihan adalah remaja karang taruna unit 03 Tanjung Priok yang berjumlah 15 orang dengan tahapan kegiatan mengkaji program yang tepat, pelaksanaan program pendampingan dengan metode pelatihan dan Evaluasi Kegiatan. Hasil: Peserta dapat menghasilkan desain twibon yang diupload di Instagram untuk memperkenalkan branding masing-masing pengurus karang taruna unit 03 Tanjung Priok Jakarta Utara. Kesimpulan: Remaja Karang taruna Unit 03 Tanjung Priok dapat menggunakan social media ke araha positif.  

Keywords

Karang Taruna Personal Branding Sosial Media personal branding social media youth organization

Article Details

How to Cite
Utami, N., & Fitriana, O. (2023). Pelatihan Membangun Personal Branding Pengurus Karang Taruna Unit 03 Tanjung Priok Jakarta Utara . Jurnal SOLMA, 12(3), 868–874. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.11588

References

  1. Chen, C. P. (2013). Exploring personal branding on YouTube. Journal of Internet Commerce, 12(4), 332–470. https://doi.org/10.1080/15332861.2013.859041
  2. Clive, B. (2013). The no nonsense guide to personal branding for career success. CreateSpace Independent Publishing Platform.
  3. Gaur, S. S., C. Saransomrurtai, and H. H. (2015). Top global firms’ use of brand pro file pages on SNS for marketing communication. Journal of Internet Commerce, 14(3), 316–400. https://doi.org/10.1080/15332861.2015.1045287
  4. Haroen, D. (2014). Personal Branding. Gramedia Pustaka Utama.
  5. Jacobson, J. (2020). You are a brand: social media managers’ personal branding and “the future audience.” Journal of Product and Brand Management, 29(6), 715–727. https://doi.org/10.1108/JPBM-03-2019-2299
  6. Johnson, K. M. (2017). The Importance of Personal Branding in Social Media : Educating Students to Create and Manage their Personal Brand The Importance of Personal Branding in Social Media : Educating Students to Create and Manage their Personal Brand. International Journal of Education and Social Science, 4(1), 21–27.
  7. KOMINFO. (2022). DEWG G20, Menkominfo: Momentum Tentukan Arah Ekonomi Digital Dunia.
  8. Mantulenko, V. V., Yashina, E. Z., & Ashmarina, S. I. (2020). Personal Brand of University Teachers in the Digital Age. In Lecture Notes in Networks and Systems (Vol. 84). https://doi.org/10.1007/978-3-030-27015-5_8
  9. McNally, D. dan K. D. S. (2009). Be Your Own Brand, a Breakthrough Formula for Standing Out from the Crowd. Berret-Koehler Publishers.
  10. Pratama, A. N. (2018). Hari ini dalam sejarah: aplikasi Instagram dirilis... Kompas.Com. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2018/10/06/10512437/hari-ini-dalam-sejarah-aplikasi-instagram-dirilis?page=all
  11. Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
  12. Rahmadhany, A., Aldila Safitri, A., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182
  13. Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
  14. We Are Social. (2022). The Global State of Digital in October 2022.
  15. Zakarda, A. (2012). Concepts and constructs for personal branding: An exploratory literature review approach. https://doi.org/10.2139/ssrn.1994522