Main Article Content
Abstract
Background: Hasil survei menunjukkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia mencapai 179 juta dan total pengguna internet mencapai 210 juta orang. Dengan demikian pemanfaatan media sosial untuk membentuk branding diri perlu dilakukan agar dapat memberikan penilaian yang positif bagi orang lain di dunia maya. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini untuk meningkatkan personal branding pengurus Karang Taruna Unit 03 Kelurahan Tanjung Priok. Metode: Peserta kegiatan pelatihan adalah remaja karang taruna unit 03 Tanjung Priok yang berjumlah 15 orang dengan tahapan kegiatan mengkaji program yang tepat, pelaksanaan program pendampingan dengan metode pelatihan dan Evaluasi Kegiatan. Hasil: Peserta dapat menghasilkan desain twibon yang diupload di Instagram untuk memperkenalkan branding masing-masing pengurus karang taruna unit 03 Tanjung Priok Jakarta Utara. Kesimpulan: Remaja Karang taruna Unit 03 Tanjung Priok dapat menggunakan social media ke araha positif.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Chen, C. P. (2013). Exploring personal branding on YouTube. Journal of Internet Commerce, 12(4), 332–470. https://doi.org/10.1080/15332861.2013.859041
- Clive, B. (2013). The no nonsense guide to personal branding for career success. CreateSpace Independent Publishing Platform.
- Gaur, S. S., C. Saransomrurtai, and H. H. (2015). Top global firms’ use of brand pro file pages on SNS for marketing communication. Journal of Internet Commerce, 14(3), 316–400. https://doi.org/10.1080/15332861.2015.1045287
- Haroen, D. (2014). Personal Branding. Gramedia Pustaka Utama.
- Jacobson, J. (2020). You are a brand: social media managers’ personal branding and “the future audience.” Journal of Product and Brand Management, 29(6), 715–727. https://doi.org/10.1108/JPBM-03-2019-2299
- Johnson, K. M. (2017). The Importance of Personal Branding in Social Media : Educating Students to Create and Manage their Personal Brand The Importance of Personal Branding in Social Media : Educating Students to Create and Manage their Personal Brand. International Journal of Education and Social Science, 4(1), 21–27.
- KOMINFO. (2022). DEWG G20, Menkominfo: Momentum Tentukan Arah Ekonomi Digital Dunia.
- Mantulenko, V. V., Yashina, E. Z., & Ashmarina, S. I. (2020). Personal Brand of University Teachers in the Digital Age. In Lecture Notes in Networks and Systems (Vol. 84). https://doi.org/10.1007/978-3-030-27015-5_8
- McNally, D. dan K. D. S. (2009). Be Your Own Brand, a Breakthrough Formula for Standing Out from the Crowd. Berret-Koehler Publishers.
- Pratama, A. N. (2018). Hari ini dalam sejarah: aplikasi Instagram dirilis... Kompas.Com. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2018/10/06/10512437/hari-ini-dalam-sejarah-aplikasi-instagram-dirilis?page=all
- Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
- Rahmadhany, A., Aldila Safitri, A., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182
- Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
- We Are Social. (2022). The Global State of Digital in October 2022.
- Zakarda, A. (2012). Concepts and constructs for personal branding: An exploratory literature review approach. https://doi.org/10.2139/ssrn.1994522
References
Chen, C. P. (2013). Exploring personal branding on YouTube. Journal of Internet Commerce, 12(4), 332–470. https://doi.org/10.1080/15332861.2013.859041
Clive, B. (2013). The no nonsense guide to personal branding for career success. CreateSpace Independent Publishing Platform.
Gaur, S. S., C. Saransomrurtai, and H. H. (2015). Top global firms’ use of brand pro file pages on SNS for marketing communication. Journal of Internet Commerce, 14(3), 316–400. https://doi.org/10.1080/15332861.2015.1045287
Haroen, D. (2014). Personal Branding. Gramedia Pustaka Utama.
Jacobson, J. (2020). You are a brand: social media managers’ personal branding and “the future audience.” Journal of Product and Brand Management, 29(6), 715–727. https://doi.org/10.1108/JPBM-03-2019-2299
Johnson, K. M. (2017). The Importance of Personal Branding in Social Media : Educating Students to Create and Manage their Personal Brand The Importance of Personal Branding in Social Media : Educating Students to Create and Manage their Personal Brand. International Journal of Education and Social Science, 4(1), 21–27.
KOMINFO. (2022). DEWG G20, Menkominfo: Momentum Tentukan Arah Ekonomi Digital Dunia.
Mantulenko, V. V., Yashina, E. Z., & Ashmarina, S. I. (2020). Personal Brand of University Teachers in the Digital Age. In Lecture Notes in Networks and Systems (Vol. 84). https://doi.org/10.1007/978-3-030-27015-5_8
McNally, D. dan K. D. S. (2009). Be Your Own Brand, a Breakthrough Formula for Standing Out from the Crowd. Berret-Koehler Publishers.
Pratama, A. N. (2018). Hari ini dalam sejarah: aplikasi Instagram dirilis... Kompas.Com. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2018/10/06/10512437/hari-ini-dalam-sejarah-aplikasi-instagram-dirilis?page=all
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
Rahmadhany, A., Aldila Safitri, A., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
We Are Social. (2022). The Global State of Digital in October 2022.
Zakarda, A. (2012). Concepts and constructs for personal branding: An exploratory literature review approach. https://doi.org/10.2139/ssrn.1994522