Main Article Content

Abstract

Background: Konten digital berkualitas tinggi membuka peluang siklus hidup untuk pengembangan bisnis ke pasar global, yang diminati banyak orang di Indonesia. Tak heran, UMKM menjadi kelompok usaha terbesar yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, yakni mencapai 60%. Usaha kecil, menengah, dan mikro industri kreatif lebih kuat menghadapi krisis global, namun lambat laun mampu bertahan di pasar global. Metode: Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan memperkuat peran SDM dalam merancang produk UMKM yang unik agar mampu bertahan dalam persaingan dengan produk sejenis dari negara lain. Kembangkan bisnis dengan menerapkan pemasaran digital untuk pertumbuhan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah). Hasil: Hasil kegiatan pengabdian industri kreatif merupakan langkah paling penting sebelum menjalankan bisnis. Produk yang dijual harus memenuhi kebutuhan semua konsumen. Pada pasar global agar dapat bertahan dalam ketidakpastian lingkungan domestik yang menciptakan strategis organisasi dan keunggulan kompetitif sebagai kekuatan untuk upaya pemasaran global. Kesimpulan: Melalui pemanfaatan digital marketing untuk dapat memasuki pasar global dan memperkuat peran SDM dalam merancang produk UMKM yang unik agar mampu bertahan dalam persaingan dengan produk sejenis dari negara lain. 

Keywords

Digital Marketing Keunggulan Produk Manajemen SDM Pasar Global Pengembangan

Article Details

How to Cite
Asmawati Asharie, & M.Fadhiel Alie. (2023). Pengembangan Digital Marketing, Peran Manajemen SDM, Keunggulan Bersaing Produk Industri Kreatif UMKM Di Pasar Global. Jurnal SOLMA, 12(2), 614–624. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.11451

References

  1. A. Heryati, F. Afriyani, B. U. (2020). Pelatihan Packaging Produk Makanan Ringan Dan Otak-Otak Pada Kampung KB Layang-Layang. Avoer 12, November, 18–19.
  2. Alkhawaja, M. I., Halim, M. S. A., Abumandil, M. S. S., & Al-Adwan, A. S. (2022). System Quality and Student’s Acceptance of the E-learning System: The Serial Mediation of Perceived Usefulness and Intention to Use. Contemporary Educational Technology, 14(2). https://doi.org/10.30935/CEDTECH/11525
  3. Azmi, Z., Hertati, L., Ilyas, M., Pakpahan, Y. E., Hakim, M. Z., Rarawahyuni, I., Asmana, Y., & Evianti, D. (n.d.). Akuntansi internasional.
  4. Belda-Medina, J., & Calvo-Ferrer, J. R. (2022). Preservice Teachers’ Knowledge and Attitudes toward Digital-Game-Based Language Learning. Education Sciences, 12(3). https://doi.org/10.3390/educsci12030182
  5. Bhavani, G., Mehta, A., & Dubey, S. (2020). Literature Review: Game Based Pedagogy in Accounting Education. International Journal of Financial Research, 11(6), 165. https://doi.org/10.5430/ijfr.v11n6p165
  6. Bourgonjon, J., De Grove, F., De Smet, C., Van Looy, J., Soetaert, R., & Valcke, M. (2013). Acceptance of game-based learning by secondary school teachers. Computers and Education, 67, 21–35. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.02.010
  7. Castrigano, R. M., Huber, M. M., Huang, C., & Shaffer, R. (2021). Monopoly : Using Cooperative Learning to Develop Technical and Soft Skills in Accounting. The accounting educators’ journal, 31(1), 63–88. https://www.aejournal. com/ojs/ index.php/aej/article/view/712
  8. De Grove, F., Bourgonjon, J., & Van Looy, J. (2012). Digital games in the classroom? A contextual approach to teachers’ adoption intention of digital games in formal education. Computers in Human Behavior, 28(6), 2023–2033. https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.05.021
  9. Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Indikator Kinerja Utama perguruan Tinggi Negeri. Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 1–42.
  10. Harahap, S. (2011). Teori Akuntansi. In Teori Akuntansi.
  11. Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021). Industri Kreatif Kearifan Lokal Kerajinan Limbah Pelepah Pinang Masyarakat Pinggiran. Indonesia Berdaya, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.47679/ib.202199
  12. Hertati, L., & Safkaur, O. (2019). Impact of Business Strategy on the Management Accounting: The Case of the Production of State-Owned Enterprises in Indonesia, South Sumatra. Journal of Asian Business Strategy, 9(1), 29–39. https://doi.org/ 10.18488/journal.1006.2019.91.29.39
  13. Hertati, L., Syafarudin, A., & Safkaur, O. (2020). Peran Manajemen Perubahan Pada Akuntansi Manajemen Strategis Akibat Virus Corona. I-Finance: a Research Journal on Islamic Finance, 6(2), 106–124. https://doi.org/10. 19109/ ifinance. v6i2.6355
  14. Hertati, L., & Syafitri, L. (2022). Implementing Management Accounting Information Systems using Software Applications and its Implications on Individual Performance. 104–116.
  15. Hertati, L., Syafitri, L., & Tripermata, L. (2023). Digitalisasi Industri Kreatif Bisnis Plan Limbah Alam Era Pademi Covid-19 mendatangkan laba cukup besar apabilah dikelola dengan baik ( Dia Nauly , ekonomi , namun kadang kalah tidak terpikirkan oleh mereka yang tidak manfaat besar disebut kreatif ( Syafi. 7(1), 1–2.
  16. Hertati, L., Zarkasyih, W., Suharman, H., & Umar, H. (2019). the Effect of Human Resource Ethics on Financial Reporting Implications for Good Government Governance (Survey of Related Sub-Units in State-Owned Enterprises in Sumsel). International Journal of Economics and Financial Issues, 9(4), 367–376. https://doi.org/10.32479/ijefi.8466
  17. Hinampas, R. T., Murillo, C. R., Tan, D. A., & Layosa, R. U. (2018). Blended learning approach: Effect on students’ academic achievement and practical skills in science laboratories. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(11), 63–69.
  18. Hertati.H., & Safkaur, O. (2020). The Influence of Information Technology Covid-19 Plague Against Financial Statements and Business Practices. Ilomata International Journal of Tax and Accounting, 1(3), 122–131. https://doi.org/10.52728/ijtc.v1i3.117
  19. Lichy, J., & Khvatova, T. (2019). Rethinking solutions for re-balancing the education–job mismatch. Journal of Management Development, 38(9), 733–754. https://doi.org/10.1108/JMD-03-2018-0070
  20. Nugraha, D. B., Azmi, Z., Defitri, S. Y., Pasaribu, J. S., Hertati, L., Saputra, E., Fauzan, R., Ilyas, M., Alfian, A., & Fau, S. H. (n.d.). Sistem informasi akuntansi.
  21. Pratami, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021). Teknologi Inovasi Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk UMKM Guna Menopang Ekonomi Keluarga Dalam Mencerdaskan Keterampilan Masyarakat. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.51577/ globalabdimas.v1i1.59
  22. Purnamasari, E., & Hartati, L. (2023). yang sudah ada secara kreatif serta inovatif yang mana dapat mampu pelaksanaan pelatihan didesa ulak paceh jaya tersebut . tingginya tingkat para persaingan di dalam dunia perbisnisan yang. 7(2), 1198–1205.
  23. Puspitawati, L., Hertati, L., Zarkasyi, W., Suharman, H., & Umar, H. (2022). the Environmental Uncertainty, Manager Competency and Its Impact on Successful Use of Financial Applications in the Covid-19 Pandemic Era. Journal of Eastern European and Central Asian Research, 9(1), 10–20. https://doi.org/1 0.15549/ jeecar.v9i1.882
  24. Rachmat, Z., Laratmase, P., Muniarty, P., Sudirjo, F., Ilyas, M., Purba, S., Pratiwi, A. A. M., Sinaga, H., Aguilika, D., & Hartati, L. (n.d.). Sistem informasi manajemen.
  25. Samahudin, H. A. (2011). Akuntansi Sektor Publik. In Akuntansi Sektor Publik (Nomor December 2007).
  26. Hartati, L., Asmawati, A., Syafitri, L., Terttiaavini, T., & Hildayanti, S. K. (2023). Strategi Tatakelola Pengembangan Bank Sampah Pupuk Kembang Era Pandemi Kelurahan Siring Agung Kota Palembang. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 811-820.
  27. Sánchez-Prieto, J. C., Olmos-Migueláñez, S., & García-Peñalvo, F. J. (2016). Informal tools in formal contexts: Development of a model to assess the acceptance of mobile technologies among teachers. Computers in Human Behavior, 55, 519–528. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.07.002
  28. Shasrini, T., Zaini, M., & Riau, U. I. (2023). UU ITE Counseling No . 19 of 2016 " Wisely Using Social Media Among MTs YLPI Rohul Students " Penyuluhan UU ITE No . 19 Tahun 2016 “ Bijak Menggunakan Media Sosial Dikalangan Siswa-Siswi MTs YLPI Rohul .” 7(1), 42–47.
  29. Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155–2165.
  30. Widiya, A., Hartati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021). Pelatihan kepada Masyarakat dalam Menjaga Makna Kearifan Lokal, Nilai Sejarah, dan Adat Khas Tradisional Masyarakat Melayu Peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 193–201. https://doi.org/ 10.35912/yumary.v1i4.224
  31. Yasri, D., Arya, E. H., & Mais, H. (2023). Assistance in Making Interactive Learning Using Online Media for Teachers of SDN 24 Pinggir Pendampingan Pembuatan Pembelajaran Interaktif Dengan Pemanfaatan Media Online Bagi Guru SDN 24 Pinggir. 7(1), 27–34.