Main Article Content

Abstract

Background: Untuk menciptakan pembelajaran yang lebih berkualitas maka penting bagi guru SD memiliki kompetensi profesional pada aspek integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang mendalam kepada Guru terkait penerapan pendekatan TPACK pada berbagai konteks pembelajaran di SD serta mengembangkan kompetensi guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran berbasis TPACK. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk platihan Pengembangan Subjek Spesifik Pedagogi Tematik Berbasis TPACK yang diikuti oleh 26 orang guru yang berasal dari SDN Pekayon 12 dan SDN Cipinang Melayu 12. Pengambilan data berupa tes pemahaman kerangka TPACK dalam pembelajaran tematik di diawal dan diakhir program pelatihan. Selain itu, diakhir program masing-masing peserta pelatihan diminta untuk mengumpulkan RPP tematik Berbasis TPACK. Hasil: (1) terjadi peningkatan pada semua aspek kemampuan guru dalam penerapan pendekatan TPACK pada berbagai konteks pembelajaran di SD, (2) guru sudah mampu mengaplikasikm kerangka TPACK pada perangkat pembelajaran di SD yang tercermin dari RPP berbasis TPACK yang dihasilkan diakhir program pelatihan. Kesimpulan: Dengan dilaksanakannya pelatihan ini guru memiliki pemahaman mengenai kerangka TPACK dan penerapannya dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang terintegrasi TPACK baik pada untuk pembelajaran daring maupun pembelajaran tatap muka.

Keywords

Guru SD SSP Tematik TPACK

Article Details

How to Cite
Rukmana, D., & Sri Lestari Handayan. (2023). Pelatihan Pengembangan Subjek Spesifik Pedagogi Tematik Berbasis TPACK Bagi Guru SDN Pekayon 12 dan SDN Cipinang Melayu 10 Pagi. Jurnal SOLMA, 12(2). https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.11247

References

  1. Arnyana, I. B. P., Utami, I. A. M. I., & Suprianti, G. A. P. (2021). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Daring Berbasis TPACK di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sukasada Buleleng Bali. Proceeding Senadimas Undiksha, 2103–2112.
  2. Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C. C. (2013). A review of technological pedagogical content knowledge. Educational Technology and Society, 16(2), 31–51.
  3. Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(02), 48–60.
  4. Fitriyah, C. Z., Wardani, R. P., & Puspitaningrum, D. A. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP Berbasis TPACK Menggunakan Model Blended Learnng Bagi Guru SD. Journal of Social Empowerment Volume, 06(02), 93–99.
  5. Hew, K. F., Lan, M., Tang, Y., Jia, C., & Lo, C. K. (2019). Where is the “theory” within the field of educational technology research? British Journal of Educational Technology, 50(3), 956–971. https://doi.org/10.1111/bjet.12770
  6. Indriani, F., Hidayah, N., & Hidayah, Y. (2021). Pelatihan Pengembangan Subject Spesific Pedagogi Tematik Berbasis TPACK Bagi Guru SD Muhammadiyah di Wilayah Sleman Yogyakarta. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 65–72.
  7. Kemdikbud. (2020). Survei Belajar dari Rumah. https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/materi/Sesi_I_K1_Survei_BDR_-_Ika_Hijriani_dkk.pdf
  8. Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303
  9. Lukman, H. S., Sutisnawati, A., Setiani, A., & Muhassanah, N. (2022). Model TPACK-21 Guru Sekolah Dasar di Kota Sukabumi. ELSE (Elementary School Education Journal) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 398–418. https://doi.org/dx.doi.org/10.30651/else.v6vi2i.12712
  10. Mardati, A., Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2022). Integrasi Kemampuan TPACK untuk Penguatan Kompetensi Pedagogi Guru SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Moyudan Sleman. 25(1), 33–43.
  11. Martaningsih, S. T., Maryani, I., & Ulfah, A. (2021). Pendampingan Pengembangan Ppembelajaran Daring Berorientasi TPACK Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 779–787.
  12. Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. http://one2oneheights.pbworks.com/f/MISHRA_PUNYA.pdf
  13. Onde, M. kasih L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ( TMT ) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406.
  14. Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
  15. Rahmawati, F. P., & Khoirurrosyid, M. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) dan Kecakapan Abad 21 pada Guru MI Muhammadiyah Kecamatan Miri. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 221–229.
  16. Selly, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Abad 21 dengan Pendekatan Tecnological Pedagogical And Content Cnowledge ( TPACK ) Melalui Aplikasi Sites Google dan Mentimter Bagi Guru SMA Kristen 2. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 2(2), 200–209. https://doi.org/10.53067/ijecsed.v2i2
  17. Shulman, L. (1986). Those Who Understand: A Conception of Teacher Knowledge. American Educator, 10(1), 4–14. https://doi.org/10.3102/0013189X015002004
  18. Shulman, L. (1987). Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1–23. https://doi.org/10.17763/haer.57.1.j463w79r56455411
  19. Wahyu, F. P., Nugraha, I. I., Pebrinsyah, M. I., & Permadi, R. A. (2020). Dampak Covid 19 Dalam Dunia Pendidikan. Khazanah Pendidikan Islam, 2(3), 100–106. https://doi.org/10.15575/kp.v2i3.9905
  20. Wulandari, I. A. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan TPACK. Proceeding Senadimas Undiksha, 453–461