Main Article Content

Abstract

Background: Pemasalahan pembelajaran pada seni peran di MAN 1 Rembang yakni masih cenderung mengedepankan kognitif teoritis dan cenderung mengaktifkan otak kiri daripada mengaktifkan otak kanan atau mengedepankan keterampilan. Tujuan PkM ini adalah untuk memberikan pelatihan keterampilan dasar bermain seni peran teater monolog kepada siswa di MAN 1 Rembang Metode: Mitra sasaran kegiatan ini yaitu MAN 1 Rembang dengan 20 siswa. Metode dalam pengabdian ini dilakukan dengan teknik ceramah dan praktik yang dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat, 22-23 Desember 2022. Indikator keberhasilan apabila sasaran mampu mengikuti pelatihan dengan antusias, mampu menguasai kemampuan dasar monolog, serta dapat mempraktikkannya. Hasil: pelatihan dasar bermain seni peran teater monolog menunjukkan bahwa antusiasme siswa di MAN 1 Rembang dalam mengikuti kegiatan sangat tinggi, terlihat dari serangkaian pelatihan yang dilalui siswa. Selain itu, indikator keberhasilan program menunjukkan bahwa penampilan siswa saat praktik monolog memperoleh nilai rata-rata 78,00 yang tergolong baik. Kesimpulan: Kegiatan ini memberikan dampak peningkatan pengetahuan dan keterampilan bermain seni peran bagi siswa di MAN 1 Rembang.

Keywords

Monolog Pelatihan Dasar Seni Peran Siswa Teater Acting Basic Training Monologue Student Theater

Article Details

How to Cite
Rani Setiawaty, Moh. Khanzunnudin, Irfai Fathurohman, Agus Darmuki, Ahmad Haryadi, & Yoga Alfaridzi. (2023). Pelatihan Dasar Bermain Seni Peran Monolog Bagi Siswa di MAN 1 Rembang . Jurnal SOLMA, 12(2). Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/11228

References

Read More