Main Article Content
Abstract
Background: Menulis ceramah merupakan kegiatan produktif-kreatif di mana peserta didik harus memiliki pengelaman serta referensi yang terpercaya karena teks ceramah bersifat informatif, edukatif, dan persuasif. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pendalaman materi terhadap guru tentang model pembelajaran CIRC guna meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah siswa di SMAN 4 Balikpapan. Metode: Kegiatan dilaksanakan di SMA Negeri 4 Balikpapan, pelatihan diikuti oleh guru Bahasa Indonesia. Setelah pelatihan berakhir, dilakukan implementasi model CIRC ke dalam salah satu kelas. Pemilihan dilakukan dengan simple random sampling. Kegiatan pembelajaran dengan model CIRC dilakukan pada beberapa pertemuan dengan metode yang digunakan yaitu siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dengan cara tes, membagikan angket, dan dokumentasi. Hasil: Guru Bahasa Indonesia semuanya memahami langkah-langkah model pembelajaran CIRC dan bersedia menerapkannya ke dalam pembelajaran di kelas. Sedangkan untuk hasil implementasi model, pada prasiklus terdiri dari tujuh penilaian indikator tersebut dari hasil rekapan yang paling rendah adalah penilaian sikap dalam pembelajaran yaitu 81%. Hasil siklus I Dari 35 peserta didik hanya 16 yang mencapai KKM dan 19 yang masih di bawah KKM. Dan siklus II dari 35 peserta didik 33 mencapai nilai KKM dan hanya 2 yang belum mencapai nilai KKM. Kesimpulan: Model CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah siswa SMAN 4 Balikpapan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Darmawati, S., Rosnita, & Rustiyarso. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Diskusi Kelompok Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/563/0
- Lingga, S. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Menggunakan Metode Peta Pikiran dan Media Kartu Tema. … Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I …, 234–241. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38846
- Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
- Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.
- Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626
- Pratama, M. H. B. (2021). Implementasi Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(1), 17–28. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.416
- Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika, 3(1), 27–42.
- Rinni, M. (2008). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas 3 SDN 02 Polanto Jaya Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol . 1 No . 4 ISSN 2. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(4), 124–138. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/255062-penerapan-model-pembelajaran-ttw-untuk-m-ef1ce9d5.pdf
- Sahra, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Pidato Persuasif Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia bagi Siswa SMP Negeri 2 Mataram Sahra. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(4), 560–572.
- Sari, L. K. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Dengan Model Problem Based Learning Dipadukan Media Gambar Pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.18
- Supriyadi, S. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115
- Tarigan, I. V. (2020). Peningkatkan Kemampuan Mengritik Isi Teks Ceramah Dengan Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Tigapanah Tahun Pelajaran 20202021. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 90. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5390
- Taubah, M. (2019). Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. STUDI ARAB: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765
- Yulistio, D. (2022). Kemampuan Mahasiswa Menulis Teks Pidato Persuasif. JURNAL ILMIAH KORPUS, 6(2), 155–172.
- Yulita, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’Had Islamy Palembang.
References
Darmawati, S., Rosnita, & Rustiyarso. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Diskusi Kelompok Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/563/0
Lingga, S. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Menggunakan Metode Peta Pikiran dan Media Kartu Tema. … Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I …, 234–241. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38846
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.
Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626
Pratama, M. H. B. (2021). Implementasi Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(1), 17–28. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.416
Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika, 3(1), 27–42.
Rinni, M. (2008). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas 3 SDN 02 Polanto Jaya Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol . 1 No . 4 ISSN 2. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(4), 124–138. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/255062-penerapan-model-pembelajaran-ttw-untuk-m-ef1ce9d5.pdf
Sahra, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Pidato Persuasif Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia bagi Siswa SMP Negeri 2 Mataram Sahra. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(4), 560–572.
Sari, L. K. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Dengan Model Problem Based Learning Dipadukan Media Gambar Pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.18
Supriyadi, S. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115
Tarigan, I. V. (2020). Peningkatkan Kemampuan Mengritik Isi Teks Ceramah Dengan Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Tigapanah Tahun Pelajaran 20202021. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 90. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5390
Taubah, M. (2019). Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. STUDI ARAB: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765
Yulistio, D. (2022). Kemampuan Mahasiswa Menulis Teks Pidato Persuasif. JURNAL ILMIAH KORPUS, 6(2), 155–172.
Yulita, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’Had Islamy Palembang.