Main Article Content

Abstract

Background: Menulis ceramah merupakan kegiatan produktif-kreatif di mana peserta didik harus memiliki pengelaman serta referensi yang terpercaya karena teks ceramah bersifat informatif, edukatif, dan persuasif. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pendalaman materi terhadap guru tentang model pembelajaran CIRC guna meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah siswa di SMAN 4 Balikpapan. Metode: Kegiatan dilaksanakan di SMA Negeri 4 Balikpapan, pelatihan diikuti oleh guru Bahasa Indonesia. Setelah pelatihan berakhir, dilakukan implementasi model CIRC ke dalam salah satu kelas. Pemilihan dilakukan dengan simple random sampling. Kegiatan pembelajaran dengan model CIRC dilakukan pada beberapa pertemuan dengan metode yang digunakan yaitu siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dengan cara tes, membagikan angket, dan dokumentasi. Hasil: Guru Bahasa Indonesia semuanya memahami langkah-langkah model pembelajaran CIRC dan bersedia menerapkannya ke dalam pembelajaran di kelas. Sedangkan untuk hasil implementasi model, pada prasiklus terdiri dari tujuh penilaian indikator tersebut dari hasil rekapan yang paling rendah adalah penilaian sikap dalam pembelajaran yaitu 81%. Hasil siklus I Dari 35 peserta didik hanya 16 yang mencapai KKM dan 19 yang masih di bawah KKM. Dan siklus II dari 35 peserta didik 33 mencapai nilai KKM dan hanya 2 yang belum mencapai nilai KKM. Kesimpulan: Model CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah siswa SMAN 4 Balikpapan.

Keywords

Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Menulis Teks Ceramah

Article Details

How to Cite
Edi Sudarto, Indah Ika Ratnawati, Luwes Handayani, Mufidah Mufidah, & Swasti Maharani. (2023). Pelatihan Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Bagi Guru SMAN 4 Balikpapan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ceramah Peserta Didik. Jurnal SOLMA, 12(1), 82–88. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.11154

References

  1. Darmawati, S., Rosnita, & Rustiyarso. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Diskusi Kelompok Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/563/0
  2. Lingga, S. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Menggunakan Metode Peta Pikiran dan Media Kartu Tema. … Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I …, 234–241. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38846
  3. Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
  4. Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.
  5. Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626
  6. Pratama, M. H. B. (2021). Implementasi Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(1), 17–28. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.416
  7. Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika, 3(1), 27–42.
  8. Rinni, M. (2008). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas 3 SDN 02 Polanto Jaya Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol . 1 No . 4 ISSN 2. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(4), 124–138. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/255062-penerapan-model-pembelajaran-ttw-untuk-m-ef1ce9d5.pdf
  9. Sahra, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Pidato Persuasif Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia bagi Siswa SMP Negeri 2 Mataram Sahra. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(4), 560–572.
  10. Sari, L. K. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Dengan Model Problem Based Learning Dipadukan Media Gambar Pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.18
  11. Supriyadi, S. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115
  12. Tarigan, I. V. (2020). Peningkatkan Kemampuan Mengritik Isi Teks Ceramah Dengan Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Tigapanah Tahun Pelajaran 20202021. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 90. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5390
  13. Taubah, M. (2019). Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. STUDI ARAB: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765
  14. Yulistio, D. (2022). Kemampuan Mahasiswa Menulis Teks Pidato Persuasif. JURNAL ILMIAH KORPUS, 6(2), 155–172.
  15. Yulita, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’Had Islamy Palembang.