Main Article Content

Abstract

Background: Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Puspa Jatim di Desa Klumutan Kabupaten Madiun belum menunjukkan perubahan dan capaian yang signifikan, terutama dalam hal peningkatan kemandirian ekonomi. Pelibatan berfokus pada upaya peningkatan pendapatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Puspa Jatim dalam rangka pemulihan ekonomi akibat wabah Covid-19. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah memberikan teknologi kepada warga Desa Klumutan Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun khususnya rumah tangga binaan Program Jawa Puspa Provinsi Jawa Timur agar lebih berdaya secara ekonomi. Metode: Bantuan ini fokus pada pengembangan industri kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mitra yang berpartisipasi adalah keluarga penerima manfaat Program Puspa (KPM) Jawa Timur Desa Klumutan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan dengan memberikan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan terhadap KPM desa Klumutan. Pengabdian ini fokus pada dua bidang yaitu bidang produksi dan pemasaran.  Hasil: Hasilnya tampak bahwa setelah dilakukan penyuluhan pelatihan dan pendampingan terdapat Peningkatan Omset Mitra menjadi 75%, yang sebelumnya hanya 10%, Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Produk yang awalnya 20% menjadi 75%, dan Peningkatan pemahaman dan Ketrampilan Mitra tentang Usaha Kreatif berbasis Digitalisasi Pasar awalnya 10% menjadi 75%.

Keywords

Ekonomi Kreatif Digitalisasi Pasar Jatim Puspa Kemiskinan KPM

Article Details

How to Cite
Sumani, S., Cendriono, N., & Wihartanti, L. V. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Pada Masyarakat Penerima Program Jatim Puspa Di Desa Klumutan . Jurnal SOLMA, 11(3), 470–478. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.10519

References

  1. Anasrulloh, M., & Basiron, B. (2017). Pelatihan pembuatan kemasan (packaging) untuk meningkatkan pemasaran produk olahan Kue Kacang Emping Melinjo. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1).
  2. Bastomi, M., & Sholehuddin, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Industri Kreatif Melalui Pelatihan Packaging dan Packing di RW 01 Kelurahan kedungkandang Kota Malang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 434–441.
  3. Choirina, H., & Reinold, A. (2021). Digitalisasi Produk Unggulan Desa Sukamaju Pekanbaru berbasis Qr Code dan Facebook Marketplace. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–28.
  4. Dewi, T. A., & Ningrum, Y. R. E. S. (2020). Pelatihan Packaging Kain Flanel Di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Utomo Metro.
  5. Dinnullah, R. N. I., Dany’el Irawan, N., Nurdin, S., & Susilo, D. A. (2022). Peningkatan Produktivitas Petani Kopi Melalui Sekolah Lapang Kopi dan Workshop Packing Process Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(1), 38–46.
  6. Faradisa, I., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis pengaruh variasi produk, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen pada Indonesian coffeeshop Semarang (ICOS CAFE). Journal of Management, 2(2).
  7. Julianti, S. (2014). The art of packaging: Mengenal metode, teknik, & strategi. Gramedia Pustaka Utama.
  8. Kemal, A. B. N., Dwiyan, P. P. N., Ahmad, H. M., Muhammad, S. S., Frally, F., & Oktivasari, P. (2019). Pelatihan Packaging Dan Pemasaran Umkm Online Di Desa Sindangmulya, Kabupaten Bekasi. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).
  9. Kotler, P. (1999). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, buku satu.
  10. Lestari, R. B., Widagdo, H., Meirisa, F., Pramuditha, C. A., & Kardinal, K. (2021). Pengabdian Masyarakat pada Pemilik Usaha Kecil di Kelurahan Suka Mulya Kecamatan Sematang Borang. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–42.
  11. Lestyowati, J., & Kautsarina, A. F. (2020). Implementasi Realokasi Anggaran Dan Refocussing Kegiatan Di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Bdk Yogyakarta. Simposium Nasional Keuangan Negara, 2(1), 424–439.
  12. Maryama, S., Yandri, P., & Istimal, I. (2018). Pelatihan Pembuatan Packaging Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Kota Tangerang Selatan. Prosiding Sembadha, 1, 156–159.
  13. Mulyadi, M. (2017). Peran Pemerintah Dalam Mengatasi Pengangguran Dan Kemiskinan Dalam Masyarakat. Kajian, 21(3), 221–236.
  14. Nursidiq, C., & Iftayani, I. (2020). Pelatihan Packaging dan Pendampingan Pemasaran Online bagi UMKM Yangko Anindita Purworejo. Proceeding of The URECOL, 99–104.
  15. Paserangi, I., & Jumawan, F. (2019). Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Berbasis Teknologi Tepat Guna (TTG) Clothing Di Makassar. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 63–68.
  16. Primandari, P. N. (2021). Pelatihan Desain Label Packaging pada Produk Olahan Pisang di Desa Kebondalem, Kabupaten Jombang. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1).
  17. Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia, 2.
  18. Terence, A. S. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Diterjemahkan Oleh Deyvani Sahrial Dan Arikasani. Jakarta: Erlangga.
  19. Timur, B. P. S. J. (2019). Badan Pusat Statistik Jawa Timur. BPS JATIM.