Main Article Content

Abstract

Background: Adanya kesulitan pengorganisasian pada implementasi program ekoliterasi sebagai salah satu program penguatan literasi di SD Sukowinangun. Kesulitan terbesar yang dirasakan adalah kurangnya kemampuan tim literasi sekolah untuk merencanakan dan mengembangkan program ekoliterasi dan implementasinya. Untuk meningkatkan keterampilan tim literasi di sekolah dalam merencanakan program ekoliterasi yang relevan dengan kebutuhan pengembangan diri siswa. Metode: Mitra program pendampingan ini adalah SDN 2 Sukowinangun Magetan, dengan jumlah guru yang didampingi adalah 7, dan metode yang dilaksanakan adalah dengan melakasankan analisisis masalah dan kebutuhan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan program, dan evaluasi pendampingan. Hasil: Program workshop dengan materi Identifikasi Perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD berbasis Ekoliterasi telah terlaksana dengan maksimal. Selanjutnya rancangan program dan pendampingan pembuatan Lembar Kerja Siswa pada program ekoliterasi telah diselesaikan.  Target program tercapai di mana tim literasi sekolah membuat rancangan program ekoliterasi selama 1 semester serta menjabarkannya dalam bentuk kegiatan terperinci dilengkapi dengan instrument penguatan pemahaman ekoliterasi. Berdasarkan pendampingan, workshop dan evaluasi yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa materi telah tersampaikan dengan baik dan mitra memberikan respon positif atas pelaksanaan.

Keywords

Ekoliterasi P5 Sekolah Inklusi Pelatihan Guru

Article Details

How to Cite
Lestari, S., Tryanasari, D., & Rahmasari , A. F. (2022). Program Pendampingan Guru Pada Rancangan Program Ekoliterasi di Sekolah Inklusi. Jurnal SOLMA, 11(3), 441–450. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.10518

References

  1. Abdul Majid dan Dian Andayani. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam (1st ed.). Rosda Karya.
  2. Bearne, E. (2003). Rethinking literacy: communication, representation and text. 98–103.
  3. Dawe, H. C., & We, H. C. D. A. (2016). A Study of the Effect of an Educational Program upon Language Development and Related Mental Functions in Young Children A study of the effect of an educational program. The Journal of Experimental Educatin, 0973(June), 200–209. https://doi.org/10.1080/00220973.1942.11010271
  4. Dewi Tryanasari, Apri Kartikasari HS.Program Ekoliterasi Sebagai Upaya Meningkatkan Fokus Siswa Slow Learner di SDN Sukowinangun 2 Kabupaten Magetan. Jurnal PTK Vol.2 NO 1 tahun 2021. ISSN: 2747-1977 (Print) / 2747-1969 (Online) DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.57
  5. Dewi, T., Septi, A., & Ayu, C. W. (2017). Understanding of Teacher in SDN 2 Kawedanan Toward Learning Literacy. Proceeding International Seminar of Primary Education, 1, 91–95.
  6. Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran: mengajar konten dan keterampilan berpikir.(Terjemahan Satrio Wahono).
  7. Rombot, Olivia. 2017. Pendidikan Inklusi . Pendidikan Sekolah Dasar: Universitas Binus: Jakarta
  8. Rosenquest, B. B. (2002). Literacy-Based Planning and Pedagogy That Supports Toddler Language Development infant / toddler curriculum. Early Chilhood Education Journal, 2002(Infant and Toddlers).
  9. Saribas, D., Kucuk, Z. D., & Ertepinar, H. (2017). Implementation of an environmental education course to improve pre-service elementary teachers’ environmental literacy and self-efficacy beliefs. International Research in Geographical and Environmental Education, 26(4), 311–326. https://doi.org/10.1080/10382046.2016.1262512.
  10. Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2009). Keterampilan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar dalam Revolusi. 2.
  11. Wiyono, D. F. (2016). Model pengembangan kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Inklusi di Kota Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
  12. Yeşiltaş, E., Eryılmaz, Ö., & Pehlivan, A. (2016). Social Problems in Turkish Social Studies Coursebooks and Workbooks. Universal Journal of Educational Research, 4(4), 856–867. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040423
  13. Yudhanti, R. (2013). Kebijakan Hukum Pemenuhan Hak Konstitusional Warga atas Pendidikan Dasar. Pandecta: Research Law Journal, 7(1). https://doi.org/10.15294/pandecta.v7i1.2360