Main Article Content
Abstract
Background: Desa Tenjojaya merupakan desa yang memiliki potensi untuk mengembangkan potensi masyarakat untuk berwirausaha, salah satu dari sekian banyak produk yang dapat dihasilkan dari desa ini, salah satu produk yang sangat terkenal adalah produk gula aren. Di sisi lain, desa ini memiliki berbagai keterbatasan, tidak hanya dari akses pendanaan, teknis pemasaran dan pengembangan produk dengan teknologi modern. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemberdayaan sumber daya masyarakat dalam berwirausaha. Metode: Kegiatan seminar kewirausahaan dengan jumlah peserta 35 orang yang memiliki unit usaha maupun tidak. Hasil: Menunjukkan bahwa para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan seminar yang diadakan. Sehingga masyarakat Desa Tenjojaya memiliki motivasi untuk bangkit memperbaiki taraf ekonomi keluarganya malalui aktifitas kewirausahaan. Kesimpulan: Memberikan pengalaman yang berharga baik bagi pelaksana maupun bagi para peserta hal ini membuktikan bahwa kegiatan yang sudah direncanakan mampu berjalan dengan baik.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Amalya, N. T., Sulaeman, E., Priatna, I. A., Saprudin, U., & Supiandi, G. (2021). Menggali Potensi Diri Untuk Menjadi Seorang UMKM Sukses. Dedikasi PKM UNPAM, 2(3), 331–336.
- Ardiansyah, T. (2016). Model Pengembangan Wirausahawan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang Sukses. SOSIO-E-KONS, 8(1), 43–53.
- Ardiansyah, T., Umam, K., & Ariwibowo, P. (2018). Kiat Wirausahawan yang Sukses terhadap Peluang Mahasiswa untuk Berwirausaha. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 4(4), 336. https://doi.org/10.30998/jabe.v4i4.2680
- Febriandirza, A., Irwiensyah, F., Hasan, F. N., & Indriyanti, P. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dan Manajemen Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM dengan menggunakan Aplikasi Google My Business. Jurnal SOLMA, 10(10), 224–231. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.6514
- Inggriyani, F., Ali, S., & Fauzy, D. M. (2018). Pemanfaatan Website Pemasaran Bagi Pelaku Kerajinan Usaha Anyam Mendong di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal SOLMA, 7(2), 193. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.2009
- Irawan, P. L. T., Kestrilia Rega Prilianti, & Melany. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal SOLMA, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4347
- Kumalasari, D. A., & Andayani, E. (2017). Minat Berwirausaha : Kompetensi Kewirausahaan, Sikap Berwirausaha Dan Kreativitas. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 2, 2540–9247.
- Kusnadi, A., Wella, W., & Winantyo, R. (2020). Upaya Peningkatan Jumlah Usaha Rintisan melalui Program Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal SOLMA, 9(1), 186–200. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4890
- Mawarny, E., Nurmasari, I., Anjani, S. R., Amalya, N. T., & Supriadi, H. (2021). Manajemen Meraih Sukses Sejati dengan Berwirausaha di Era Pandemi. Jurnal Abdimas: Tridharma Manajemen, 2(1), 54–60. http://dx.doi.org/10.32493/ABMAS.v2i1.p54-60.y2021
- Rohman, N. (2018). Mengukur Tingkat Kepuasan Peserta Seminar Berdasarkan Kualitas Layanan. STIPRAM - Yogyakarta.
- Rustiarini, N. W., Mahaputra, I. N. K. A., Sudiana, I. M., & Anggraini, N. P. N. (2020). Program Kewirausahaan Pembuatan Hiasan Penjor: Pemberdayaan Ibu PKK Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal SOLMA, 9(2), 458–467. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5520
- Saputro, E. P., Achmad, N., & Handayani, S. (2016). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Sukses Wirausaha. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 10. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i1.2361
- Saputro, S. H., & Atmaja, R. F. B. (2021). Analisis Faktor yang Berpengaruh dalam Kesuksesan Berwirausaha. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 13. https://doi.org/10.24269/iso.v5i1.501
- Setiono, B. A. (2020). Kiat Sukses Berwirausaha. In Hang Tuah University Press (1st ed.). Hang Tuah University Press.
- Tambunan, F., & Hasibuan, R. (2018). Pengaruh Percaya Diri dan Tekad Yang Kuat Terhadap Berwirausaha. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 8(2), 157. https://doi.org/10.31289/jap.v8i2.1901
References
Amalya, N. T., Sulaeman, E., Priatna, I. A., Saprudin, U., & Supiandi, G. (2021). Menggali Potensi Diri Untuk Menjadi Seorang UMKM Sukses. Dedikasi PKM UNPAM, 2(3), 331–336.
Ardiansyah, T. (2016). Model Pengembangan Wirausahawan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang Sukses. SOSIO-E-KONS, 8(1), 43–53.
Ardiansyah, T., Umam, K., & Ariwibowo, P. (2018). Kiat Wirausahawan yang Sukses terhadap Peluang Mahasiswa untuk Berwirausaha. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 4(4), 336. https://doi.org/10.30998/jabe.v4i4.2680
Febriandirza, A., Irwiensyah, F., Hasan, F. N., & Indriyanti, P. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dan Manajemen Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM dengan menggunakan Aplikasi Google My Business. Jurnal SOLMA, 10(10), 224–231. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.6514
Inggriyani, F., Ali, S., & Fauzy, D. M. (2018). Pemanfaatan Website Pemasaran Bagi Pelaku Kerajinan Usaha Anyam Mendong di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal SOLMA, 7(2), 193. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.2009
Irawan, P. L. T., Kestrilia Rega Prilianti, & Melany. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal SOLMA, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4347
Kumalasari, D. A., & Andayani, E. (2017). Minat Berwirausaha : Kompetensi Kewirausahaan, Sikap Berwirausaha Dan Kreativitas. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 2, 2540–9247.
Kusnadi, A., Wella, W., & Winantyo, R. (2020). Upaya Peningkatan Jumlah Usaha Rintisan melalui Program Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal SOLMA, 9(1), 186–200. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4890
Mawarny, E., Nurmasari, I., Anjani, S. R., Amalya, N. T., & Supriadi, H. (2021). Manajemen Meraih Sukses Sejati dengan Berwirausaha di Era Pandemi. Jurnal Abdimas: Tridharma Manajemen, 2(1), 54–60. http://dx.doi.org/10.32493/ABMAS.v2i1.p54-60.y2021
Rohman, N. (2018). Mengukur Tingkat Kepuasan Peserta Seminar Berdasarkan Kualitas Layanan. STIPRAM - Yogyakarta.
Rustiarini, N. W., Mahaputra, I. N. K. A., Sudiana, I. M., & Anggraini, N. P. N. (2020). Program Kewirausahaan Pembuatan Hiasan Penjor: Pemberdayaan Ibu PKK Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal SOLMA, 9(2), 458–467. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5520
Saputro, E. P., Achmad, N., & Handayani, S. (2016). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Sukses Wirausaha. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 10. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i1.2361
Saputro, S. H., & Atmaja, R. F. B. (2021). Analisis Faktor yang Berpengaruh dalam Kesuksesan Berwirausaha. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 13. https://doi.org/10.24269/iso.v5i1.501
Setiono, B. A. (2020). Kiat Sukses Berwirausaha. In Hang Tuah University Press (1st ed.). Hang Tuah University Press.
Tambunan, F., & Hasibuan, R. (2018). Pengaruh Percaya Diri dan Tekad Yang Kuat Terhadap Berwirausaha. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 8(2), 157. https://doi.org/10.31289/jap.v8i2.1901