Main Article Content

Abstract

Background: Keterampilan dalam menggunakan aplikasi Mendeley perlu dikuasai oleh guru di Jambi karena dalam rangka mendukung kualitas dan keprofesionalan guru dalam menulis karya ilmiah atau artikel. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih Mendeley bagi guru-guru di Jambi. Metode: kegiatan ini dilaksanakan dengan bekerjasama SMA N 2 Muaro Jambi, yang diikuti oleh 28 orang peserta. Pelaksanaan workshop Mendeley ini dilaksanakan penyampaian materi, diskusi dan pratek. Hasil: semua kegiatan dilaksanakan dengan baik. Setiap guru dapat mendowload dan menggunakan Mendeley dalam penulisan artikel. Kesimpulan: Terjadi peningkatan keterampilan menggunakan aplikasi Mendeley oleh guru di SMA N 2 Muaro Jambi dalam penulisan karya ilmiah.

Keywords

guru mendeley workshop mendeley teacher workshop

Article Details

How to Cite
Siburian, J., Sadikin, A., Arisandy, D., & Sembiring, E. P. (2023). Workshop Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Guru-Guru Di Jambi. Jurnal SOLMA, 12(3), 897–903. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.10153

References

  1. Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3).
  2. Arief, I., & Handoko, H. (2016). Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah. In Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah. https://doi.org/10.25077/9786026061324
  3. Arizal, N., Listihana, W. D., & Nofrizal, N. (2018). Mendeley: untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dosen. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 49–55.
  4. Djamaris, A. (2017). Panduan Penggunaan Mendeley (Versi 1.17. 10).
  5. Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120.
  6. Goma, E. I., Saputra, Y. W., Sandy, A. T., & Ningrum, M. V. R. (2022). Pelatihan Mendeley Reference Dalam Mengelola Referensi Karya Tulis Ilimiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 5(1), 1–8.
  7. Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
  8. Hidayati, A. N. (2022). Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22. https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
  9. Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley desktop Mengelola Referensi Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 64–74.
  10. Lestari, R., & Afifah, N. (2018). Penerapan Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian. J. Ind. Bio. Teachers, 1(1), 37–41.
  11. Mubarok, F. K. (2018). Manajemen Referensi Berbasis Aplikasi Mendeley untuk Jurnal Ilmiah. 2.
  12. Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan penggunaan Mendeley untuk referensi dalam menulis karya ilmiah bagi guru SMA Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35–39.
  13. Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–93.
  14. Riadi, S., & Normelani, E. (2017). Analisis Kompetensi Guru Geografi Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Di SMANegeri Kota Banjarmasin. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(1).
  15. Sadikin, A., Johari, A., Subagyo, A., Budiarti, R. S., & Hakim, N. (2019). Pelatihan Pembuatan Artikel Menembus Jurnal Nasional dan Internasional di SMA N 11 Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1), 67–73.
  16. Sejati, A. W. (2017). Tutorial Sederhana Mendeley. Universitas Diponegoro. https://doi.org/10.31227/osf.io/eqn9d
  17. Sukirman, S. (2011). Peranan Bimbingan Guru Dan Motivasi Belajar Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Metro Tahun 2010. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 23. https://doi.org/10.24127/gdn.v1i1.349
  18. Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331
  19. Wardani, N. W., & Ginantra, N. L. W. S. R. (2020). Pelatihan aplikasi mendeley untuk referensi dalam menulis karya ilmiah bagi guru smk dwijendra denpasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 13–20.
  20. Wicaksana, E. ., Maridi., & Sutarno, S. (2017). Efektivitas Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Integrated Scientific Process untuk Meningkatkan Vocational Skills Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 64–69.
  21. Wilyanti, L. S., Wulandari, S., Asfahani, A., & Priyanto, P. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Sitasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Nasional. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 55–64.