Main Article Content

Abstract

Background: Pada Penilaian Akhir Semester (PAS) maupun Penilaian Akhir Tahun (PAT), setiap Madrasah Ibtidaiyah (MI) wajib merujuk pada aturan-aturan yang ditetapkan oleh Dirjen Pendis Kementrian Agama serta Keputusan Kepala Kanwil Kementrian Agama Propinsi masing-masing dan setiap MI memiliki kewenangan menyelenggarakan secara mandiri.  Namun dalam praktiknya masih ditemui sejumlah kendala dalam penyusunan kisi-kisi dan soal baik untuk PAS dan PAT, terjadi keragaman persepsi sehingga terjadi penggunaan alat ukur yang berbeda. Tujuan kegiatan ini tersosialisasinya prosedur penyusunan kisi-kisi untuk penilaian akhir, dan tersusunnya soal-soal PAS dan PAT Metode: Mitra dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah Majlis Dikdasmen PDM Kabupaten Magelang, peserta 52 orang Guru MIM. Tahapan kegiatan meliputi: melakukan persiapan, proses pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Hasil: Respon peserta sangat baik, selama kegiatan pelatihan berlangsung semua peserta mengikuti dari awal sampai selesai dengan aktif dan antusias. Pada sesi praktik peserta dibagi 4 kelompok, hasilnya 3 kelompok mampu melengkapi kisi-kisi dan menyusun soal dengan baik, dan satu kelompok belum menyelesaikan sampai tuntas. Kesimpulan: Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan dalam penyusunan kisi-kisi soal dan soal PAS, PAT.

Keywords

Kisi-kisi Soal Pelatihan Penilaian Akhir

Article Details

How to Cite
Kanthi Pamungkas Sari, Norma Dewi Shalikah, Irham Nugroho, Ahwy Oktaradiksa, Minzani Aufa, & Muis Sad Imam. (2022). Petunjuk Pelatihan Penyusunan Kisi-Kisi Soal dan Penilaian Akhir Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah se-Kabupaten Magelang . Jurnal SOLMA, 11(3), 620–629. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.10129

References

  1. Anisah, G. (2021). Kerangka Konsep Assesment of Learning , Assessment for Learning dan Assesment as Learning serta Penerapannya pada Pembelajaran. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 3(2), 65–76. https://doi.org/https://doi.org/10.36840/alaufa.v3i2.508
  2. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksar. Bumi Aksara.
  3. Hadiana, D. (2015). Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(1), 15–25. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i1.173
  4. Hayumuti. (2018). Kajian Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 101–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/td.v7i2.3477
  5. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Nomor: 5161 tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah, Pub. L. No. 5161 (2018).
  6. Leksono, S. M., Rustaman, N., & Redjeki, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru Biolodi dalam Memahami dan Merancang Model Pembelajaran Konservasi Biosiversitas di SMA. Cakrawala Pendidikan, November XXXII, XXXII(3), 408–419. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1628
  7. Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia, IX(1), 15–26. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26158
  8. Majir, A. (2021). Teknis Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Madrasah.
  9. Maulfani, C. P., Susanti, E., Hidayanti, E. W., Shafa, N. H., & Azkiya. (2021). Penilaian Tengah Semester Pembelajaran Tematik Berbasis Mata Pelajaran di MI Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. Proceeding Seminar Pendidikan Nasional Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya, 41–48.
  10. Memolo, T. (2019). Karakteristik Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) dalam Soal Standar Ujian Nasional Matematika SMP. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS, 465–469.
  11. Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–217. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
  12. Samani, M. I. N., Pettalongi, A., & Nur, R. F. (2022). Efektifitas Pembelajaran Remedial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri 1 Palu. Moderasi Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 3(1), 28–38. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol3.Iss1.54
  13. Sopiah, A., Sidauruk, S., & Asi, N. B. (2019). Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X IPA SMA Negeri Di Kabupaten Seruyan Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(2), 110–126. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jikt.v10i2
  14. Sudijono, A. (2017). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.
  15. Suhandani, D., & Yulia. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v1i2.874
  16. Undang-Undang Nomor: 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  17. Windarsih, C. A. (2016). Aplikasi Teori Umpan Balik (Feedback) dalam Pembelajaran Motorik pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p20-29.306