Main Article Content

Abstract

Pentingnya penanganan krisis yang terjadi dalam sebuah organisasi dengan konsep krisis komunikasi merupakan langkah yang tepat dalam mengantisipasi resiko yang mengancam sebuah perusahaan di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen komunikasi krisis PT Telkom Akses Jakarta Selatan dalam menangani lonjakan saldo tiket pelaporan gangguan IndiHome serta mengetahui langkah dan upaya yang dilakukan oleh PT Telkom Akses Jakarta Selatan dalam menangani masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumen-dokumen penting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi krisis PT Telkom Akses Jakarta Selatan dalam menangani lonjakan saldo tiket pelaporan gangguan IndiHome adalah dengan pengelolaan krisis yang dilakukan melalui beberapa langkah meliputi identifikasi krisis, analisa krisis, isolasi krisis, dan pemilihan strategi. Upaya tersebut mampu menangani krisis yang terjadi dengan baik.

Keywords

Komunikasi krisis Manajemen krisis Public Relations

Article Details

How to Cite
Ardelia Anjani, D., & Yumeldasari. (2022). MANAJEMEN KOMUNIKASI KRISIS PT TELKOM AKSES JAKARTA SELATAN DALAM PENANGANAN GANGGUAN INDIHOME. KOMUNIKA, 9(2), 57–69. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/komunika/article/view/9122

References

    Boudreaux,Brian.(2005) .Thesis. Exploring a Multi-Stage Model of Crisis Management: Utilities, Hurricanes and Contigency. Master of Arts in Mass Communication University in Florida.
    Chotimah, T. C. (2018). Respon Krisis PT Rayon Utama Makmur Pada Kasus Limbah Pabrik (Analisis Isi Media Harian Solopos Edisi Oktober 2017-April 2018). (Skripsi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhmmadiyah Surakarta). Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/694 62/1/Upload%20Perpus.pdf
    Coombs, W. T. dan Holladay, S. J. (2010) TheHandbook of Crisis Communications. UK: Blackwell Publishing Ltd.
    Fearn-Banks, Kathleen. (2016). Crisis Communication : A Casebook Approach. University of Washington.
    Kasali, Rhenald. 2003. Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
    Kriyantono, R. (2012). Public Relations & Krisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
    Prayudi. (2012). Public Relations Stratejik. FISIP UPN "Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta: CV Pandan Mas.
    Rakhmat, Jalaludin. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
    Mulyana, Deddy. (2008). Komunikasi efektif "Suatu pendekatan lintas budaya”. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
    Nova, Firza. (2017). Crisis Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
    Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Pelangi Aksara Yogyakarta.
    Silviani, I., Pardede, I. F., & Sembiring, D. C. (2020). Komunikasi Krisis Dalam New Normal. Message: Jurnal Komunikasi, 9(1), 82-87.
    Vardiansyah, D. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Ghalia Indonesia: Bogor Selatan.
    https://nonatero.telkom.co.id/index.php diakses pada tanggal 10 Januari 2022 pukul 22.53