Main Article Content

Abstract

Dunia sudah memasuki era digital yang ditandai dengan merambahnya jejaring internet dalam pola kerja manusia, yang disebut dengan istilah disrupsi. Adanya satu dunia lagi yakni dunia maya atau digital yang merupakan lahan komersil baru untuk semua produk termasuk dunia penerbitan buku. Penelitian ini bertujuan melihat strategi komunikasi pemasaran dunia industri perbukuan era digital di Indonesia, bagaimana tren dan perubahan strategi komunikasi pemasaran yang ada. Kajian teoritik penelitian ini adalah komunikasi pemasaran model STP (segmentation, targeting dan positioning), dengan demikian dapat diketahui kemana arah dari komunikasi pemasaran yang dilakukan pelaku industry perbukuan buku ajar di era digital. Metode penelitian dengan menggunakan analisis data kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara berstruktur dengan dimensi penelitian STEP. Dari temuan diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran pelaku industri perbukuan lebih mengandalkan komunikasi interpersonal dengan pendekatan keintiman di dalamnya. Targeting mereka sangat tersegmentasi dengan baik dengan pola positioning adalah kelompok khusus yang bisa menyebar dan memberikan informasi secara simultan kepada pasar, dengan model aliran dua arah.

Keywords

Strategi, komunikasi pemasaran, STP, penerbit, pemasaran digital

Article Details

How to Cite
Akil, R. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN INDUSTRI PENERBITAN BUKU LOKAL DI ERA DIGITAL : (ANALISIS STP: SEGMENTASI, TARGET DAN POSITIONING). KOMUNIKA, 9(2), 70–79. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/komunika/article/view/9117

References

    Bhasin, Hitesh (2019). Marketing Mix of Bose. Retrieved from www.marketing91.com: https://www.marketing91.com/marketing-mix- bose/
    Chavey, Dave, dan lainnya. (2000). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practic. Baltimore : Mc Milan
    Gomes, Faustinus Condoso (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: ANDI
    Haryanti, Sri, Mursito, Bambang, Sudarwati (2016). Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik pada PT.Danar Hadi Surakarta. Hasil penelitian Universitas Sebelas Maret
    Hezer, Jay dan Barry Render (2006). Operation Managemen. (Alih Bahasa: Dwianoegrahwati Setyoningsih, Indra Almahdy). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
    Hidayah, Nurul. (2018). Analisis Strategi Digtal Marketing dalam Membantu Living Space dan Evo Store. Hasil penelitian Institut London School Public Relations.
    Hootsuite We are Social (2019). Digital 2019: Q2 Global Digital Statshot. California : Hootsuite
    Kertajaya, Hermawan (2007). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
    Kotler, Philip dan Dave Jane Keller (1997). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
    Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Indeks.
    Morissan (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media.
    Prisgunanto, Ilham (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta : Prisani Cendekia
    Prisgunanto, Ilham (2006). Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor : Ghalia Indonesia.
    Rachmawati, Nurul. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya, hasil penelitian Universitas Airlangga.
    Sodik, Ali dan Siyoto, Sindu. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
    Zeithaml, V. A., Bitner, M.J. & Gremler, D.D. (2006). Service Marketting (4th ed). New York: The MC Graww-Hill Companies, Inc.