Main Article Content

Abstract

Pada era globalisasi saat ini dekadensi moral di kalangan siswa SMK semakin memprihatinkan. Jika hal tersebut terus terjadi dan tidak ada pemecahannya maka akan berdampak pada proses pembangunan siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga dan membentuk generasi yang baik adalah melalui pendidikan. Dalam melaksanakan pendidikan tentu ada komunikasi yang dilakukan antara guru dengan siswa, hal tersebut dinamakan komunikasi instruksional yang berarti pengajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Komunikasi Instruksional Guru Agama dalam Pembinaan Akhlak Siswa di sekolah SMK Bhakti Persada. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori penelitian menggunakan metode komunikasi instruksional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembinaan akhlak, guru agama menggunakan metode dalam mengajar. Praktikum, ceramah, dan pemberian tugas merupakan metode yang paling sering digunakan. Penggunaan metode tersebut sangat membantu siswa dan guru dalam proses belajar mengajar, sehingga adanya pembentukan akhlakul karimah pada diri siswa seperti terbiasa menjalankan sholat wajib, sholat dhuha, membaca Al Quran, menghormati guru dan orang tua, serta berkurangnya pelanggaran aturan di sekolah. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan teori proses komunikasi instruksional.

Keywords

Metode Komunikasi Instruksional, Guru Agama, Pembinaan Akhlak

Article Details

How to Cite
Safitri, Y., & Rosmalah, K. . (2022). KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU AGAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA. KOMUNIKA, 9(2), 40–56. https://doi.org/10.22236/komunika.v9i2.9115

References

    Ahmad, Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching.
    Anggraini, Husna Welly. 2016. Komunikasi Instruksional Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menghafal Al Quran di Maqdis Kota Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Riau: Universitas Riau.
    Djatmika, Rahmat. 1992. System Etika Islam (Akhlak Mulia). Jakarta: Pustaka Panji Mas
    Gapita, Rafi Syas. 2016. Komunikasi Instruksional Pengasuh Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Program Tahfidz Qur'an di Pondok Pesantren Umar Bin Khatab Pekanbaru. Riau: Universitas Riau.
    Hartanti, Stefani Budi. 2013. Komunikasi Instruksional Melalui Permainan Edukatif Logico Primo Pada PAUD "Anak-Anak Ceria” Bandung. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.
    Nawawi, Hadari & Martini, Mimi. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
    Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi
    Kualitatif , Yogyakarta: LKIS.
    Ramli, Abdul Rachmansyah. 2017. Komunikasi Instruksional Berbasis Quipper School Antara Guru dan Siswa SMK Negeri 2 Majene. Makasssar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
    Sarah, Siti. 2008. Komunikasi Instruksional Dalam Membina Akhlak Di Taman Pendidikan Al Quran Unit 373 At Tahiriyah II. Jakarta: Universitas Negeri Syarif Hhidayatullah.
    Yusuf, Pawit, M. 2010. Komunikasi Instruksional: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
    disdikkbb.org (2018). Degradasi Moral Bangsa di Kalangan Remaja dan Pelajar Dilihat dari Perspektif Cinta Tanah Air dan Bela Negara. Melalui http://disdikkbb.org/?news=degradasi-moral-bangsa-di-kalangan- remaja-dan-pelajar-dilihat-dari-perspektif-cinta-tanah-air-dan-bela-negara [24/11/2019]
    Bogor Tribunnews. 2019. Video Viral Pelajar SMK Ditonton Temannya Saat BerhubunganIntim, Identitas PemerannyaTerungkap. Melalui https://www.tribunnews.com/regional/2019/10/03/video-viral-pelajar-smk- ditonton-temannya-saat-berhubungan-intim-identitas-pemerannya-terungkap
    psmk.kemdikbud.go.id (2016). Mengenal Sejarah Pendidikan Kejuruan di Indonesia Melalui http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1614/mengenal-sejarah- pendidikan-kejuruan-di-indonesia [25/11/2019]
    www.kemdikbud.go.id (2019). Angka Tingkat Pengangguran Terbuka Lulusan SMK Semakin Menurun. Melalui https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/angka-tingkat- pengangguran-terbuka-lulusan-smk-semakin-menurun [26/11/2019]