Main Article Content

Abstract

Podcast horor Do You See What I See ? termasuk yang terpopuler versi Spotify dengan lebih dari 7,8 juta pendengar di tahun 2020. Hingga 30 April 2022 telah memproduksi lebih dari 770 episode, dan memiliki jumlah subscriber sebanyak 377,000 pada YouTube channelnya, dengan jumlah penayangan total seluruhnya sebanyak 51,143,062 kali. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap praktik komodifikasi yang terjadi pada podcast horor Do You See What I See ? episode spesial Dodit Mulyanto (Aktor Stand Up Comedy) berjudul Rumah Dinas Bapakku dalam tinjauan semiotika Roland Barthes guna menganalisis tanda yang muncul pada bentuk gambar, tulisan dan suara dalam makna denotasi, konotasi, dan mitos. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif desktiptif yang pengambilan datanya dilakukan melalui pengamatan, pendokumentasian dan studi kepustakaan. Hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi bentuk praktik komodifikasi konten, audiens, dan pekerja termasuk di dalamnya ditemukan tanda-tanda denotasi, konotasi, dan mitos pada thumbnail podcast yang mencakup gambar dan teks serta diksi dalam tutur kata dan kalimat yang digunakan oleh Dodit Mulyanto saat bercerita.

Keywords

Komodifikasi Mistisisme Podcast semiotika

Article Details

How to Cite
Lestari, ayu, & Waluyo , A. (2022). KOMODIFIKASI MISTISISME PADA MEDIA PODCAST DO YOU SEE WHAT I SEE? . KOMUNIKA, 9(2), 27–39. https://doi.org/10.22236/komunika.v9i2.9114

References

    Lutfi, M. (2013). Perkembangan film horor Indonesia tahun 1981-1991. . Avantara e-Journal Pendidikan Sejarah.
    Febriani, G. A. (2019, September 7). Cerita di Balik Podcast Horor Do You See What I See yang Selalu Trending. Retrieved from https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-4697022/cerita-di-balik-podcast-horor-do-you-see-what-i-see-yang-selalu-tr
    Wardani, A. S. (2020, Desember 4). Ini Deretan Podcast Paling Populer di Indonesia dalam Spotify Wrapped 2020. Retrieved from https://www.liputan6.com/tekno/read/4425294/ini-deretan-podcast-paling-populer-di-indonesia-dalam-spotify-wrapped-2020
    Khalida, M. S. (2020, Januari 16). Rizky Ardi Nugroho Berbagi Pengalaman Melihat Horor. Retrieved from https://mediaindonesia.com/humaniora/283646/rizky-ardi-nugroho-berbagi-pengalaman-melihat-horor
    Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
    Suryadi, E. e. (2019). Metode Penelitian Komunikasi dengan pendekatan kuantitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
    Perell, D. (2016). Models of Internet Monetization. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications.