Main Article Content

Abstract





Perhatian dan pilihan publik yang kini beralih dari media konvensional ke media digital sudah menjadi tren di seluruh penjuru dunia. Media komunikasi konvensional semakin tergeser dengan adanya media sosial. Media sosial instagram kini dapat dijadikan sebagai sebuah platform dimana seseorang bisa membentuk personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana generasi milenial sebagai individu membentuk personal branding pada media sosial instagram. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data penelitian ini merupakan hasil observasi, wawancara, dokumentasi serta studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam membentuk personal branding pada media sosial instagram harus mengenali kemampuan yang melekat di dalam diri agar dapat menghasilkan sebuah konten yang menarik untuk diunggah ke media sosial instagram. Sebuah konten yang menarik akan mampu mendapatkan jangkauan yang lebih luas serta semakin banyak mendapatkan relasi.





Keywords

Personal Branding Instagram Fenomenologi Sosial Media

Article Details

How to Cite
Fernando, J. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam membentuk Personal Branding Generasi Milenial. KOMUNIKA, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.22236/komunika.v9i1.7892

References

    Cano Hila, A. B., Sabariego Puig, M., & Ruiz Bueno, A. (2018). Youth participation in Spanish urban periphery: Its concept, spheres and conditioning factors Ana Belén Cano Hila, Marta Sabariego Puig and Antoni Ruiz Bueno. Youth Voice Journal, 8. http://diposit.ub.edu/dspace/handle/2445/133440
    Christina, S., Sitinah, S., Kuniawati, L. S., Sandi, F., & Marta, R. F. (2021). Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT Antavaya Melalui Program Acara Celebrity on Vacation Trans TV. Tuturlogi, 02(01), 25–38. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.002.01.2
    Fensi, F., & Christian, M. (2018). Determinan Citra Merek Pada Iklan Produk Gawai "Vivo” Berdasarkan Aspek "Celebrity Endorser.” Bricolage"¯: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(02), 163. https://doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1659
    Fernando, J., Marta, R. F., & Hidayati, R. K. (2020). Reaktualisasi mahasiswa diaspora Indonesia dalam menjaga identitas budaya bangsa di Benua Australia. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 194–206. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.25219
    Ievansyah, I., & Sadono, T. P. (2018). Personal Branding Dalam Komunikasi Selebritis (Studi Kasus Personal Branding Alumni Abang None Jakarta Di Media Sosial "Instagram”). Bricolage"¯: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(2), 149. https://doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1658
    Imawati, A. V., Solihah, A. W., & Shihab, M. (2016). Analisis Personal Branding Fashion Blogger Diana Rikasari. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(3), 175–184.
    Kumalaningtyas, N., & Sadasri, L. M. (2018). Citra Tubuh Positif Perempuan Dalam Iklan Video Digital (Studi Femvertising Pada Iklan Dove Real Beauty). Diakom"¯: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 62–73. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.19
    Lois, D., & Candraningrum, D. A. (2021). Personal Branding Content Creator di Media Sosial Instagram. Koneksi, 5(2), 329. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10331
    Lumampauw, A., Lestari, R., Marta, R. F., & Fernando, J. (2020). Awakening Revealed through Rose ' s Visual Analysis on # LangkahHijau Commercial Advertisement Kebangkitan Terungkap Melalui Analisis Visual Rose pada Iklan Komersial # LangkahHijau. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 08(02), 121–133. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/avantgarde/article/view/1231
    Marta, R. F. (2018). Polemik Kebhinnekaan Indonesia Pada Informasi Instagram @Infia_Fact Terkait Patung Kwan Sing Tee Koen Tuban. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 3(02), 63–71. https://doi.org/10.30813/bricolage.v3i02.922
    Marta, R. F., Fernando, J., & Simanjuntak, R. F. (2019a). Eksplikasi Kualitas Konten Peran Keluarga pada Instagram @KEMENPPPA. Ettisal: Journal of Communication, 4(2).
    Marta, R. F., Fernando, J., & Simanjuntak, R. F. (2019b). Eksplikasi Kualitas Konten Peran Keluarga Pada Instagram @Kemenpppa. ETTISAL"¯: Journal of Communication, 4(2), 137. https://doi.org/10.21111/ejoc.v4i2.3702
    Nugraha, A. R. (2014). Fungsi Humas Pemerintah Kabupaten Sumedang Dalam Mengkampanyekan Sumedang Sebagai Puseur Budaya Sunda (Spbs). Journal Edutech, 13(1), 34. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i1.3220
    Pratama, R. Z., Mudjiyanto, B., Sitinah, Fernando, J., & Sandi, F. (2020). Pembentukan Konsep Diri Siswa SMA Melalui Media Sosial Instagram. Komunikata57, 1(1), 42–49.
    Priyono, B. J. (2014). Strategi Menciptakan, Mempertahankan Dan Menjual Personal Branding Jelang Pemilu 2014. Jurnal Visi Komunikasi, 13(02), 265–280.
    Rianto, P., & Catur Pambudi, B. (2021). Media Sosial dan Komodifikasi Sosial Anak Muda. Komunika, 8(2), 122–132. https://doi.org/10.22236/komunika.v8i1.6705
    Salam, O. D. (2020). Personal Branding Digital Natives di Era Komunikasi Media Baru (Analisis Personal Branding di Media Sosial Instagram). Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6070
    Situmorang, F. A. R., & Salamah, U. (2018). Analysis of Personal Branding and Leadership Branding Company Owner and Company Reputation. Jurnal InterAct, 7(2), 41–45.
    Stevani, S., & Widayatmoko, W. (2017). Kepribadian Dan Komunikasi Susi Pudjiastuti Dalam Membentuk Personal Branding. Jurnal Komunikasi, 9(1), 65. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.225
    Tiara, A. (2020). Pengelolaan Konten pada Media Promosi E-Catering Marketplace bagi Industri Bisnis Jasa Boga Usaha Kecil Menengah. Komunika, 7(2), 85–90. https://doi.org/10.22236/komunika.v7i2.6330
    Wati, H. (2019). Pengaruh Selebgram sebagai Celebrity Endorsement terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 9(2), 722–728. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/sosietas.v9i2.22822