Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh terpaan video Youtube Mata Najwa: Ujian Reformasi dan kredibilitas Najwa Shihab terhadap minat berpolitik generasi Z dalam isu RUU 2019. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui googledocs. Teori acuan penelitian ini adalah teori uses and gratifications dan kredibilitas sumber dan penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Taro Yamane berdasarkan tingkat kesalahan 5% sehingga didapat sebanyak 400 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi berganda, hipotesis, uji T, uji F dan korelasi koefisien determinasi. Berdasarkan hasil dari analisis data, dapat diketahui bahwa terpaan yang diberikan oleh video Youtube Mata Najwa: Ujian Reformasi dan kredibilitas Najwa Shihab berpengaruh positif dan mempunyai hubungan yang erat dalam menimbulkan minat berpolitik generasi Z dalam isu RUU 2019

Article Details

How to Cite
Chaerun N. Damayanti, Amri Dunan, & Karman. (2021). Pengaruh Terpaan Media dan Kredibilitas Tuan Rumah (Host) Terhadap Minat Politik Generasi Z. Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 79-86. https://doi.org/10.22236/komunika.v8i1.6473