Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas strategi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) dalam meningkatkan engagement pada akun Instagram Museum Muhammadiyah melalui konten carousel. AISAS berfokus pada interaksi berkelanjutan antara merek dan audiens. Data engagement selama enam bulan (Januari–Juni 2024) dianalisis secara kuantitatif, dengan hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam metrik seperti jumlah suka, komentar, bagikan, simpan, dan aktivitas profil. Unggahan carousel dengan strategi AISAS berhasil menarik perhatian audiens baru, dengan jumlah suka mencapai 1.200 dan dibagikan sebanyak 20 kali, sejalan dengan temuan bahwa konten visual interaktif memperpanjang durasi interaksi (Zhang & Wang, 2020). Tahapan Pencarian dan Tindakan mendorong eksplorasi lebih lanjut, yang tercermin dalam peningkatan aktivitas profil (259 interaksi), sebagaimana dikonfirmasi oleh studi lokal (Mardhika et al., 2022). Penelitian ini merekomendasikan penggunaan konten carousel dengan penerapan strategi AISAS untuk meningkatkan engagement audiens museum. Meskipun terbatas pada satu institusi dan periode waktu yang singkat, temuan ini memberikan wawasan praktis bagi pemasaran digital di sektor budaya.
Keywords
Article Details
References
- Instagram. (2024). Instagram Carousel Insights. Retrieved October 12, 2024, from https://www.instagram.com/
- Kato, T., & Nakayama, R. (2021). The AISAS Model and Consumer Behavior in the Digital Age. Journal of Marketing Dynamics, 45(3), 124-137.
- Mardhika, A., Pratama, I., & Susanto, H. (2022). Media Sosial dan Pemasaran Museum:
- Studi Kasus Instagram Museum Indonesia. Jurnal Pemasaran Digital Indonesia, 5(1), 45-57. Prasetyo, R. (2021). Storytelling di Media Sosial: Studi pada Efektivitas Konten Carousel di Instagram. Jurnal Komunikasi dan Media, 18(2), 210-223.
- Pratama, D., & Yulianti, R. (2021). Analisis Engagement pada Postingan Carousel Instagram. Jurnal Penelitian Komunikasi, 9(4), 190-202.
- Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media So sial Instagram Sebagai Media Infor masi Edukasi. Persepsi: Communica tion Journal, 3(1), 23–36. https://doi. org/10.30596/persepsi.v3i1.4428
- Shrestha, N. (2023). Increasing Engagement on Instagram: The Role of Interactive Content Formats.
- International Journal of Digital Marketing, 32(2), 65-78.
- Smith, J. (2023). Engagement Strategies in Social Media Marketing. Journal of Digital Marketing, 12(3), 123-135.
- Suzuki, A. (2020). AISAS: A Framework for Digital Consumer Behavior. Journal of ConsumerMarketing, 38(1), 102-115.
- Zhang, X., & Wang, L. (2020). Visual Storytelling and Engagement in Social Media: An Empirical Study of Instagram Carousel Posts. International Journal of Social Media Research, 12(4), 330- 348.
References
Instagram. (2024). Instagram Carousel Insights. Retrieved October 12, 2024, from https://www.instagram.com/
Kato, T., & Nakayama, R. (2021). The AISAS Model and Consumer Behavior in the Digital Age. Journal of Marketing Dynamics, 45(3), 124-137.
Mardhika, A., Pratama, I., & Susanto, H. (2022). Media Sosial dan Pemasaran Museum:
Studi Kasus Instagram Museum Indonesia. Jurnal Pemasaran Digital Indonesia, 5(1), 45-57. Prasetyo, R. (2021). Storytelling di Media Sosial: Studi pada Efektivitas Konten Carousel di Instagram. Jurnal Komunikasi dan Media, 18(2), 210-223.
Pratama, D., & Yulianti, R. (2021). Analisis Engagement pada Postingan Carousel Instagram. Jurnal Penelitian Komunikasi, 9(4), 190-202.
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media So sial Instagram Sebagai Media Infor masi Edukasi. Persepsi: Communica tion Journal, 3(1), 23–36. https://doi. org/10.30596/persepsi.v3i1.4428
Shrestha, N. (2023). Increasing Engagement on Instagram: The Role of Interactive Content Formats.
International Journal of Digital Marketing, 32(2), 65-78.
Smith, J. (2023). Engagement Strategies in Social Media Marketing. Journal of Digital Marketing, 12(3), 123-135.
Suzuki, A. (2020). AISAS: A Framework for Digital Consumer Behavior. Journal of ConsumerMarketing, 38(1), 102-115.
Zhang, X., & Wang, L. (2020). Visual Storytelling and Engagement in Social Media: An Empirical Study of Instagram Carousel Posts. International Journal of Social Media Research, 12(4), 330- 348.