Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dalam meningkatkan persepsi dan perilaku pencegahan stunting pada ibu-ibu anggota posyandu di Desa Babakan. Dengan menggunakan desain one-group pretest-posttest, penelitian ini mengukur perubahan persepsi dan perilaku responden sebelum dan sesudah intervensi berupa penayangan video ILM. Elemen Health Belief Model (HBM), seperti persepsi kerentanan, keparahan, manfaat, hambatan, efikasi diri, dan isyarat untuk bertindak, dianalisis untuk melihat hubungan dengan tindakan pencegahan stunting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ILM efektif meningkatkan persepsi kerentanan, keparahan, dan hambatan, tetapi tidak signifikan pada persepsi manfaat, efikasi diri, dan isyarat untuk bertindak. Dari segi perilaku, ILM efektif mendorong tindakan menjaga kebersihan lingkungan, tetapi tidak memberikan perubahan signifikan pada pemberian makanan bergizi dan konsultasi kesehatan. Hubungan antara karakteristik ibu dan elemen HBM menunjukkan bahwa tingkat pendidikan berhubungan signifikan dengan persepsi kerentanan dan isyarat untuk bertindak, sementara elemen lain tidak signifikan. Secara keseluruhan, ILM efektif pada aspek tertentu, tetapi diperlukan intervensi tambahan yang lebih praktis untuk mendorong perubahan perilaku secara menyeluruh

Keywords

HEALTH COMMUNICATION Stunting Media Massa Perilaku

Article Details

How to Cite
Fauziah, H., & Sarwititi Sarwoprasodjo. (2025). The Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat untuk Pencegahan Stunting: Ditinjau dari Health Belief Model. KOMUNIKA, 12(1), 66–76. https://doi.org/10.22236/komunika.v12i1.18261

References

Read More