Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi yang berlangsung antara jurnalime dan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia, serta mengidentifikasi langkah strategis ke depan agar teknologi ini dapat dimanfaatkan secara positif. Adapun metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan para informan yang berkaitan langsung dengan isu-isu jurnalisme dan AI, seperti jurnalis dan pemimpin redaksi media. Hasil penelitian menunjukkan, kolaborasi keduanya meliputi: membantu proses riset dan mendapatkan inspirasi, membantu mempercepat proses penulisan berita, membantu chek dan mengoreksi typo pada tulisan berita secara otomatis, membantu tranksrip wawancara dan subtitle otomatis, membantu membuat dan mengedit video serta bank data. Singkatnya, kolaborasi AI dan jurnalisme di media-media Indonesia saat ini hampir menyasar semua proses mulai dari tahapan pengumpulan berita, produksi berita hingga penyerbarluasan berita tersebut kepada khalayak luas. Sementara upaya strategis yang perlu dilakukan kedepannya ialah mendorong pedoman penggunaan AI bagi media di Indonesia segera dibakukan, meningkatkan kompetensi para jurnalis serta kesiapan infrastruktur penunjan sehingga kolaborasi jurnalisme dan AI bisa berdampak positif.
Keywords
Article Details
References
- Amran, S. O., & Irwansyah, N. (2018). Jurnalisme Robot dalam Media Daring Beritagar.id (Robot Journalism in Online Media: Beritagar.id). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 20(2). https://doi.org/10.33164/iptekkom.20.2.2018.169-182
- Andreas L Opdahl, c, E. T. d, A. T. e, C. T. a, Bjørnar Tessem, Duc-Tien Dang-Nguyen, & Enrico Motta. (n.d.). Trustworthy journalism through AI.
- Apriliyanti, R., Atika Sari, A. N., & Noor, R. A. (2024). Kajian Literatur: Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Jurnalistik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(1),123.https://doi.org/10.32884/ideas.v10i1.1658
- Beckett, C., & Yaseen, M. (n.d.). Generating Change A global survey of what news organisations are doing with AI.
- Daewon Kim, & Suwon Kim. (2021). Model for User Acceptance of Robot Journalism: Influence of Positive . A Model for User Acceptance of Robot Journalism: Influence of Positive Disconfirmation and Uncertainty Avoidance, 163.
- Dewan Pers. 2024. Pedoman Kecerdasan Buatan. Jakarta: Redaksi Buletin Dewan Pers
- Emi Sita Eriana, & Afrizal Zein. (2023). Artificial Intteligence (Eriana, Ed.). EUREKA MEDIA AKSARA.
- Firdhausi, A. (2023). Etika dalam Artificial Intelligence. ResearchGet, March, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/369595701
- Mathias Felipe de Lima Santos, & Wilson Ceron. (2021). Artificial Intelligence in News Media: Current Perceptions and Future Outlook. Journalism and Media , 3(1), 13–26.
- Manan Abdul. 2024. Artificial Intelligence (AI) dan Organisasi Berita di Indonesia: Pemetaan Pemanfaatan dan Rekomendasi untuk Stakeholder Media. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.
- Nuraini, R. (2024). JCOMMSCI-JOURNAL OF MEDIA AND COMMUNICATION SCIENCE Respons Khalayak pada Penerapan Artificial Intelligence dalam Industri Komunikasi: Studi Kasus Presenter Buatan oleh tvOne. 7(1), 34–48. https://doi.org/10.1080/019722409032
- Pemanfaatan, P., & Rekomendasi, D. (n.d.). ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN ORGANISASI BERITA DI INDONESIA. www.aji.or.id
- Rahmat, F. N., Rusdin, F. R., & Nofiasari, W. (2023). Metaverse Journalism: Opportunities and Challenges for the Media Industry in Indonesia. In International Journal of Science and Society (Vol. 5). http://ijsoc.goacademica.com
- Rahmawati, F. (2024). Collaboration of Artificial Intelligence and Journalists in Online Media from the Perspective of Human-Machine Communication. Kalijaga Journal of Communication, 6(1), 103–118. https://doi.org/10.14421/kjc.61.06.2024
- Ridwan, D., & Heikal, J. (2023). Application of Artificial Intelligence (AI) in Television Industry Management Strategy Using Grounded Theory Analysis: A Case Study On Tvone. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(9), 922–930. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i9.2196
- Tri Sutrisna, & Icha Rastika. (2024, December 11). Dewan Pers Segera Terbitkan Pedoman Penggunaan AI untuk Kerja Jurnalistik Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Dewan Pers Segera Terbitkan Pedoman Penggunaan AI untuk Kerja Jurnalistik”, Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/12/11/12254151/dewan-pers-segera-terbitkan-pedoman-penggunaan-ai-untuk-kerja-jurnalistik.
References
Amran, S. O., & Irwansyah, N. (2018). Jurnalisme Robot dalam Media Daring Beritagar.id (Robot Journalism in Online Media: Beritagar.id). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 20(2). https://doi.org/10.33164/iptekkom.20.2.2018.169-182
Andreas L Opdahl, c, E. T. d, A. T. e, C. T. a, Bjørnar Tessem, Duc-Tien Dang-Nguyen, & Enrico Motta. (n.d.). Trustworthy journalism through AI.
Apriliyanti, R., Atika Sari, A. N., & Noor, R. A. (2024). Kajian Literatur: Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Jurnalistik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(1),123.https://doi.org/10.32884/ideas.v10i1.1658
Beckett, C., & Yaseen, M. (n.d.). Generating Change A global survey of what news organisations are doing with AI.
Daewon Kim, & Suwon Kim. (2021). Model for User Acceptance of Robot Journalism: Influence of Positive . A Model for User Acceptance of Robot Journalism: Influence of Positive Disconfirmation and Uncertainty Avoidance, 163.
Dewan Pers. 2024. Pedoman Kecerdasan Buatan. Jakarta: Redaksi Buletin Dewan Pers
Emi Sita Eriana, & Afrizal Zein. (2023). Artificial Intteligence (Eriana, Ed.). EUREKA MEDIA AKSARA.
Firdhausi, A. (2023). Etika dalam Artificial Intelligence. ResearchGet, March, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/369595701
Mathias Felipe de Lima Santos, & Wilson Ceron. (2021). Artificial Intelligence in News Media: Current Perceptions and Future Outlook. Journalism and Media , 3(1), 13–26.
Manan Abdul. 2024. Artificial Intelligence (AI) dan Organisasi Berita di Indonesia: Pemetaan Pemanfaatan dan Rekomendasi untuk Stakeholder Media. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.
Nuraini, R. (2024). JCOMMSCI-JOURNAL OF MEDIA AND COMMUNICATION SCIENCE Respons Khalayak pada Penerapan Artificial Intelligence dalam Industri Komunikasi: Studi Kasus Presenter Buatan oleh tvOne. 7(1), 34–48. https://doi.org/10.1080/019722409032
Pemanfaatan, P., & Rekomendasi, D. (n.d.). ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN ORGANISASI BERITA DI INDONESIA. www.aji.or.id
Rahmat, F. N., Rusdin, F. R., & Nofiasari, W. (2023). Metaverse Journalism: Opportunities and Challenges for the Media Industry in Indonesia. In International Journal of Science and Society (Vol. 5). http://ijsoc.goacademica.com
Rahmawati, F. (2024). Collaboration of Artificial Intelligence and Journalists in Online Media from the Perspective of Human-Machine Communication. Kalijaga Journal of Communication, 6(1), 103–118. https://doi.org/10.14421/kjc.61.06.2024
Ridwan, D., & Heikal, J. (2023). Application of Artificial Intelligence (AI) in Television Industry Management Strategy Using Grounded Theory Analysis: A Case Study On Tvone. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(9), 922–930. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i9.2196
Tri Sutrisna, & Icha Rastika. (2024, December 11). Dewan Pers Segera Terbitkan Pedoman Penggunaan AI untuk Kerja Jurnalistik Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Dewan Pers Segera Terbitkan Pedoman Penggunaan AI untuk Kerja Jurnalistik”, Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/12/11/12254151/dewan-pers-segera-terbitkan-pedoman-penggunaan-ai-untuk-kerja-jurnalistik.