Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berita clickbait dalam kasus pembunuhan oleh Ferdy Sambo terhadap Brigadir J. Pembunuhan tersebut dilakukan oleh Ferdy Sambo dengan alasan dugaan perselingkuhan yang terjadi di antara Brigadir J dengan Putri Candrawathi. Penelitian ini menggunakan teori framing milik Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki untuk menganalisis struktur berita clickbait di media Okezone.com dan Detik.com. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis framing. Data analisis menggunakan empat elemen framing, yaitu Struktur Sintaksis, Struktur Skrip, Struktur Tematik, dan Struktur Retoris. Data divalidasi menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan membandingkan hasil penelitian dengan jurnal dan buku lain yang relevan. Hasil penelitian dan analisis framing menggunakan teori Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki menunjukkan bahwa perbandingan clickbait dalam kasus pembunuhan oleh Ferdy Sambo terhadap Brigadir J di media Okezone.com dan Detik.com tidak jauh berbeda. Kemudian terdapat temuan clickbait pada kedua media yang berkaitan dengan disinformasi. Hal ini terlihat dari penggunaan judul berita yang clickbait dan isi berita yang tidak sesuai. Temuan lain yakni adanya penggunaan perempuan sebagai salah satu bagian dari judul berita yang digunakan sebagai pemancing clickbait yang terletak pada judul berita serta sudut pandang pemberitaan.

Keywords

analisis framing berita clickbait Jurnalisme media online

Article Details

Author Biographies

Salma Nabila Fausta, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Komunikasi dan Informatika
Universitas Muhammadiyah Surakarta

Vinisa Nurul Aisyah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Komunikasi dan Informatika
Universitas Muhammadiyah Surakarta

How to Cite
Fausta, S. N., & Vinisa Nurul Aisyah. (2024). Analisis Framing Berita Clickbait pada Okezone.com dan Detik.com: Kasus Pembunuhan Oleh Ferdy Sambo. KOMUNIKA, 11(2), 125–135. https://doi.org/10.22236/komunika.v11i2.14884

References

  1. Alexa Internet, S. 2023. Top Sites in Indonesia. Alexa.com, dilihat 30 September 2023. <https://www.alexa.com/topsites/countries/ID>
  2. Anand, A., Chakraborty, T., & Park, N. 2017. We used neural networks to detect clickbaits: You won’t believe what happened next! Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics). LNISA. Vol. 10193: 541–547.
  3. Anom, P. G. P., & Yuniati, Y. 2023. Analisis Framing Pemberitaan Ferdy Sambo Terkait Kasus Tewasnya Brigadir J. Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD). Vol. 3(2): 139–144.
  4. Azwar, A. 2022. Tindakan Komunikatif Komunitas Virtual Untuk Mengurangi Disinformasi Pemberitaan Politik Di Media Sosial. JWP (Jurnal Wacana Politik). Vol. 7(2): 157-168. doi: 10.24198/jwp.v7i2.40336.
  5. Chaer, A. 2010. Bahasa Jurnalistik. Rineka Cipta. Pontianak.
  6. Chakraborty, A., Paranjape, B., Kakarla, S., & Ganguly, N. 2016. Stop Clickbait: Detecting and preventing clickbaits in online news media. Proceedings of the 2016 IEEE/ACM International Conference on Advances in Social Networks Analysis and Mining. ASONAM 2016: 9–16.
  7. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. London.
  8. Dijk, T. A. Van. 1988. News As Discourse. Lawrence Erlbaum Associates. New Jersey.
  9. Eriyanto. 2008. ANALISIS FRAMING Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKiS. Yogyakarta.
  10. Gallagher, M. 2005. Who Makes the News? Global Media Monitoring Project 2005. World Association for Christian Communication. London.
  11. Gamson, W. A., & Modigliani, A. 1989. Media Discourse and Public Opinion on Nuclear Power A Constructionist Approach. American Journal of Sociology. Vol. 95(1): 1-37. doi: 10.1086/229213.
  12. Hadiyat, Y. D. 2019. Clickbait di Media Online Indonesia. Jurnal Pekommas. Vol. 4(1): 1-10. doi: 10.30818/jpkm2019_2040101.
  13. Hendra, T. 2019. Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa. Vol. 1(2): 136–152. doi: 10.24952/taghyir.v1i2.1723.
  14. Juditha, C. 2018. Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation. Jurnal Pekommas. Vol. 3(1): 31-44. doi: 10.30818/jpkm.2018.2030104.
  15. Krafft, P. M., & Donovan, J. 2020. Disinformation by Design: The Use of Evidence Collages and Platform Filtering in a Media Manipulation Campaign. Political Communication. Vol. 37(2): 194–214. doi: 10.1080/10584609.2019.1686094.
  16. Leliana, I., Herry, Suratriadi, P., & Enrieco, E. 2021. Analisis Framing Model Robert Entman Tentang Pemberitaan Kasus Korupsi Bansos Juliari Batubara Di Kompas.Com dan BBC Indonesia.Com. Jurnal Cakrawala. Vol. 2(2): 60-67.
  17. Pan, Z., & Kosicki, G. M. 1993. Framing Analysis: An approach to News Discourse. Political Communication. Vol. 10(1): 55–75. doi: 10.1080/10584609.1993.9962963.
  18. Rakow, L. F., & Kranich, K. 1991. Woman as Sign in Television News. Journal of Communication. Vol. 41(1): 8–23. doi: 10.1111/j.1460-2466.1991.tb02289.x
  19. Silverstein, B., Peterson, B., & Perdue, L. 1986. Some correlates of the thin standard of bodily attractiveness for women. International Journal of Eating Disorders. Vol. 5(5): 5(5), 895–905.
  20. Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Penerbit Alfabeta. Bandung.
  21. Sugiyono, & Lestari, P. 2021. Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Penerbit Alfabeta. Bandung.
  22. Wahyusuci, H., Haris, A., & Jamil, B. 2022. Persepsi Masyarakat Tentang Judul Berita Clickbait Pada Media Kumparan.Com Pada Masyarakat Kelurahan Desa Lama Kecamatan Pancur Batu. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM). Vol. 4(1): 44-51
  23. Web, S. 2023. Detik.com Traffic and Engagement Analysis. Similar Web, dilihat 30 September 2023. <https://www.similarweb.com/website/detik.com/#overview>
  24. Wood, J. T. 1994. Gendered Media: The Influence of Media on Views of Gender themes in media. Wadsworth Publishing. California.