Main Article Content

Abstract

Kuliner telah menjadi salah satu kebutuhan pokok Masyarakat saat ini, hal inilah yang menjadikan industri makanan dan minuman terus berkembang pesat, dengan adanya media sosial membuat tren kulineran semakin hype di masyarakat. Infogarut merupakan media online lokal yang menyajikan informasi, edukasi dan hiburan serta kuliner seputar Kabupaten Garut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komodifikasi dan spasialisasi di media online infogarut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori ekonomi politik media Vincent Mosco. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara mendalam dan observasi serta didukung oleh studi kepustakaan. Data primer diperoleh dari hasil wawancara informan dan narasumber sedangkan data sekunder berupa hasil observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa di infogarut terdapat 3 jalur komodifikasi antara lain komodifikasi konten lewat komersialisasi konten promosi produk kuliner, komodifikasi audiens yaitu pemanfaatan massa/follower infogarut untuk menarik endorsement masuk, dan komodifikasi pekerja media yang dimana infogarut memanfaatkan jaringan internal mereka untuk menarik endorsement ke infogarut. Spasialisasi di infogarut dapat dilihat dari upaya mereka dalam menjangkau massa lebih banyak lagi lewat penggunaan berbagai media sosial yang sedang hype. Relasi Media di infogarut merupakan kegiatan kerjasama publikasi dengan pelaku usaha, kerjasama tersebut terbagi kedalam 2 jenis yakni kerjasama jangka pendek dan kerjasama jangka panjang.

Keywords

Vincent Mosco, Ekonomi Politik Media, Media Online

Article Details

How to Cite
Adnan, A. S. P., Zikri Fachrul Nurhadi, & Achmad Wildan Kurniawan. (2025). Komodifikasi dan Spasialisasi Produk UMKM Kuliner di Media Online infogarut. KOMUNIKA, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.22236/komunika.v12i1.13190

References

Read More