Main Article Content

Abstract

Kuliner telah menjadi salah satu kebutuhan pokok Masyarakat saat ini, hal inilah yang menjadikan industri makanan dan minuman terus berkembang pesat, dengan adanya media sosial membuat tren kulineran semakin hype di masyarakat. Infogarut merupakan media online lokal yang menyajikan informasi, edukasi dan hiburan serta kuliner seputar Kabupaten Garut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komodifikasi dan spasialisasi di media online infogarut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori ekonomi politik media Vincent Mosco. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara mendalam dan observasi serta didukung oleh studi kepustakaan. Data primer diperoleh dari hasil wawancara informan dan narasumber sedangkan data sekunder berupa hasil observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa di infogarut terdapat 3 jalur komodifikasi antara lain komodifikasi konten lewat komersialisasi konten promosi produk kuliner, komodifikasi audiens yaitu pemanfaatan massa/follower infogarut untuk menarik endorsement masuk, dan komodifikasi pekerja media yang dimana infogarut memanfaatkan jaringan internal mereka untuk menarik endorsement ke infogarut. Spasialisasi di infogarut dapat dilihat dari upaya mereka dalam menjangkau massa lebih banyak lagi lewat penggunaan berbagai media sosial yang sedang hype. Relasi Media di infogarut merupakan kegiatan kerjasama publikasi dengan pelaku usaha, kerjasama tersebut terbagi kedalam 2 jenis yakni kerjasama jangka pendek dan kerjasama jangka panjang.

Keywords

Vincent Mosco, Ekonomi Politik Media, Media Online

Article Details

How to Cite
Adnan, A. S. P., Zikri Fachrul Nurhadi, & Achmad Wildan Kurniawan. (2025). Komodifikasi dan Spasialisasi Produk UMKM Kuliner di Media Online infogarut. KOMUNIKA, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.22236/komunika.v12i1.13190

References

  1. Akil, R. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Industri Penerbitan Buku Lokal Di Era Digital ( Analisis Stp : Segmentasi , Target Dan Positioning ). Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 09(02), 70–79. https://doi.org/10.22236/komunika.v9i2.9117
  2. Christiani, L. C. (2015). Spasialisasi Grup Media Jawa Pos. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 199–202. https://doi.org/10.24002/jik.v12i2.471
  3. Ikhsan, M., & Yudi, Y. D. (2022). Pengaruh Terpaan Tayangan Review Gadget Di Youtube Terhadap Minat Beli Anggota Komunitas Game @Freefireriau. Medium, 10(2), 367–377. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(2).9361
  4. Indrawati, K. A. P. et al. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 78–83. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article
  5. Manggaga, I. P. (2018). Komodifikasi konten televisi dalam perspektif ekonomi politik media. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(2), 257–276. https://doi.org/10.24252/jdt.v19i2.7478
  6. Mosco, V. (2009). The Political Economy of Communication (2nd ed.). https://doi.org/10.4135/9781446279946
  7. Neti, S. (2011). Social Media and Its Role in Marketing. Business and Economics Journal, 07(01). https://doi.org/10.4172/2151-6219.1000203
  8. Novianto, Y H Suprianto, R A P Singgih, Jonathan, A H Gunadi, & Y P Wibisono. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Engagement Pada Kedai Bintoro Kopi. GIAT : Teknologi Untuk Masyarakat, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.24002/giat.v1i2.5975
  9. Nugraha, C. (2023). Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli. Pinhome. https://www.pinhome.id/blog/pengertian-komunikasi-bisnis-menurut-para-ahli/
  10. Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95. https://doi.org/10.10358/jk.v3i1.253
  11. Pratiwi, R. M., Adnan, I. Z., Agustina, M., & Sanusi, P. (2022). Strategi Integrated Marketing Communication Pt Go-Jek Dalam Layanan Jasa Go-Food. Jurnal Komunikasi Dan Media, 7(1), 58–73. https://doi.org/10.33884/commed.v7i1.6412
  12. Raharjo, S. (2012). Media Relations di Era Konglomerasi Media Sumantri Raharjo Dosen Tetap Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO), Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 7(1), 1–16.
  13. Saputri, N. A. (2023). Komodifikasi Atensi Audiens dalam Spotify. Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(01), 21–27. https://doi.org/10.22236/komunika.v10i1.9307
  14. Subandi, Z. E., & Sadono, T. P. (2018). Komodifikasi, Spasialisasi, dan Strukturasi Dalam Media Baru Di Indonesia (Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco Pada Line Webtoon). National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1297
  15. Sugiyanto, D. R. (2015). Komodifikasi Berita Dibalik Ideologi Ekonomi Politik Media (Studi Pada Program ’Polemik ’Di Radio Sindo Trijaya 104.6 Fm Jakarta). Jurnal Komunikasi, 7(1), 57–69. https://doi.org/10.24912/jk.v7i1.7
  16. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
  17. Suyanto, S., & Taslimahudin, T. (2022). Implementasi Ekonomi Politik Media batamtoday.com dan batamnews.co.id era Persaingan Digital. Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 267–274. https://doi.org/10.31258/jkp.v13i3.7969