Main Article Content

Abstract

Rasisme tanpa disadari sering terjadi di Indonesia karena Indonesia memiliki keberagaman etnis dan agama. Ragam etnis dan agama dalam pernikahan juga digambarkan pada film Bidadari Mencari Sayap yang mengisahkan pasangan suami istri menikah dari etnis dan agama  yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interpretasi khalayak terkait rasisme beda etnis pada film Bidadari Mencari Sayap. Konsep decoding dan encoding Stuart Hall digunakan untuk melihat text media yang diinterpretasi oleh khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis resepsi dengan paradigma kontruktivis. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam. Terdapat delapan informan yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah dikelompokan berdasarkan etnis dan latar belakang budaya berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerimaan rasisme beda etnis memiliki arti yang berbeda. Temuan menghasilkan dominasi posisi hegemoni dominan oleh pihak perempuan, posisi negosiasi tidak ada dan juga dominasi posisi oposisi oleh pihak laki-laki. Penelitian ini menyoroti bahwa perbedaan etnis dan agama tidak menjadi masalah bagi sebagian khalayak, dimana akulturasi budaya yang ada di Indonesia menyebabkan toleransi keberagaman dapat diterima di masyarakat, selama tidak adanya pergeseran pada keyakinan masing-masing.

Keywords

Beda Etnis Film Rasisme

Article Details

How to Cite
Ariska, C., Briandana, R., & Jamil, A. (2024). Interpretasi Khalayak Terhadap Rasisme Beda Etnis dalam Film Bidadari Mencari Sayap. KOMUNIKA, 11(1), 64–74. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/komunika/article/view/12708

References

  1. Akhmad, Nurul. 2019. Ensiklopedia Keragaman Budaya. Jakarta, ALPRIN
  2. Baras, Haikal Hassan. 2020. Menjadi Suami dan Ayah Hebat. Jakarta: Gema Insani
  3. Koentjaraningrat. 2005. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan
  4. Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana
  5. Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2009. Encyclopedia of Communication Theory. California: SAGE Publications
  6. McQuail, Denis. 2010. Teori Komunikasi Massa (Edisi 6 Buku 1). Jakarta: Salemba Humanika
  7. Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana
  8. Ratna, N. K. 2016. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  9. Salim, Agus. 2001. Teori Dan Paradigma Penelitian Sosial. Jogjakarta: PT. Tiara Wacana
  10. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta