Main Article Content

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh Costumer Relationship Management (CRM) terhadap Costumer Loyalty Sturbuck Sunter Mall di Era Pandemi. Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak sektor ekonomi menurun, kondisi ini memaksa Starbucks untuk mempertahankan keunggulan kompetitif berkelanjutan, tidak hanya bertumpu pada kualitas produk tetapi juga perlu adanya strategi untuk mempertahankan atau meningkatkan customer loyalty melalui CRM. Data penelitian diambil pada saat pandemi Covid-19 berlangsung, yakni April-Juni 2021 yang diolah secara kuantitatif dimana peneliti mencari pengaruh antar variabel X “Customer Relationship Management” dan variabel Y “Customer Loyalty” dengan menyebarkan kuesioner kepada 141 orang sampel pelanggan setia Starbuck Sunter Mall berdasarkan rumus slovin dengan presisi 5%. Hasil perhitungan uji korelasi menyatakan customer relationship management memiliki hubungan korelasi 0,812 yang berarti memiliki hubungan yang kuat dan positif. Koefisien Determinasi variabel X memiliki pengaruh sebesar 67,5% terhadap variabel Y. Hasil persamaan rumus regresi ini juga didapat angka -9,953 + 1,059X yang artinya jika penerapan customer relationship management adalah 0 (tidak ada) maka customer loyalty Starbucks cabang Sunter Mal mempunyai hubungan sebesar -9,953 (ke arah negatif). Namun, jika setiap satu kali  customer relationship management diterapkan maka nilai customer loyalty Starbucks cabang Sunter Mall akan meningkat sebesar 1,059. Sehingga hasil uji t dengan nilai sebesar 16,975 lebih besar dari nilai distribusi t tabel yang membuktikan adanya hubungan. Itu artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh antara customer relationship management terhadap customer loyalty pada Starbucks cabang Sunter Mall.

Keywords

Customer Relationship Management Customer Loyalty starbucks Covid 19

Article Details

How to Cite
Fajar Rosalina, I., & Abigail Jonathan, J. (2023). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Customer Loyalty Starbuck Sunter Mall. KOMUNIKA, 10(1), 50–59. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/komunika/article/view/10392

References

  1. Ekarini. (2020, November 9). Tren Bisnis Kedai Kopi 2021: Harga Makin Terjangkau, Kualitas Bersaing - Industri Katadata.co.id. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/ekarina/berita/5fa93cddb3869/tren-bisnis-kedai-kopi-2021-harga-makin-terjangkau-kualitas-bersaing
  2. Felix, R., Ratag, S., Andreani, F., Perhotelan, M., & Petra, K. (2016). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Tivoli Club House Sidoarjo Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Perantara. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 4(1), 405–421. https://www.neliti.com/id/publications/81219/
  3. Ibrahim, A., Hidayat Mauluddin, M., Wendi Saputra, A., Carolina, A., Mardiana, M., Wiratama, Y., Rahman Ramadhan, R., Raya Palembang-Prabumulih Km, J., Selatan, S., Kunci, K., Hubungan Pelanggan, M., Pelanggan, L., & Pelanggan, K. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Unipin. Journal of Information System Research (JOSH), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.47065/JOSH.V3I1.989
  4. Jauhary, A. (2022, March 6). Tren Bisnis Kopi: dari “Hang-out” ke Aplikasi. DetikNews. https://news.detik.com/kolom/d-6018690/tren-bisnis-kopi-dari-hang-out-ke-aplikasi
  5. Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pretice Hall.
  6. Prakoso, N. A. L. (2016). Pengaruh Customer Relations Barista Terhadap Loyalitas Pelangga Starbucks Pondok Indah Mall. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
  7. Pratiwi, A. R., & Dermawan, D. A. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan ShopeePay pada Aplikasi Shopee di Kota Surabaya). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(3), 87–93. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/41813
  8. Prestasyawati, R. M., Ferichani, M., Program, N. S., Agribisnis, S., & Pertanian, F. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Konsumen di Cold n’ Brew. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(2), 125–131. https://doi.org/10.19184/EJEBA.V8I2.20757
  9. Rahmawati, Y. O., Kusniawati, A., & Setiawan, D. I. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Konsumen Bahana Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(4), 102–115. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2341
  10. Raka Alfajri, M., Wardhana, A., & Si, M. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan Tiket.Com (Survey Pada Pengguna Tiket.Com Di Kota Bandung). E-Proceeding of Management, 7(2). www.similarweb.com,
  11. Sang Long, C. (2013). Impact of CRM Factors on Customer Satisfaction and Loyalty. Asian Social Science, 9(10).
  12. Setyaleksana, B. Y. (Bony), Suharyono, S. (Suharyono), & Yulianto, E. (Edy). (2017). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Grapari Telkomsel Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 46(1), 45–51. https://www.neliti.com/id/publications/87872/
  13. Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Andi Offset. Yogyakarta
  14. Kriyanto, Rachmat. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta