Isi Artikel Utama

Abstrak

Keberhasilan suatu proses pembelajaran yang direncanakan dan dilaksanakan oleh guru dapat diketahui melalui proses penilaian terhadap peserta didik. Penilaian dapat dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian yang tepat sehingga perlu bagi guru untuk dapat memahami dan menyusun instrumen penilaian dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan instrumen penilaian yang dibuat oleh guru sekolah dasar di Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 guru kelas VI sekolah dasar di Jakarta dengan materi IPA pada tema 7 tentang sistem reproduksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan variasi kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilian. Ada 6 guru sudah mampu membuat  instrumen sesuai dengan kategori LOTS dan HOTS secara proporsional namun ada 2 guru hanya mampu menyusun intrumen penilaian yang hanya mengukur LOTS nya saja. Dalam penelitian ini juga ditemukan kekeliruan guru dalam menentukan level kognitif item terutama pada level C4,C5, dan C6. Hasil tersebut menjadikan dasar pentingnya guru memahami hirarki secara mendalam terutama terkait penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS karena kualitas keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh instrumen penilaian yang digunakan.

Rincian Artikel