Fokus Jurnal

JPPP memfokuskan pada evaluasi program dan evaluasi hasil belajar. Evaluasi program adalah mengevaluasi semua kegiatan proyek, sedangkan evaluasi hasil belajar adalah menilai hasil belajar peserta didik di dalam dan di luar kelas.

Lingkup Jurnal

JPPP meliputi penelitian dan pengembangan evaluasi serta penilaian pendidikan. Penilitian dimulai dari pengembangan instrumen penelitian, pengumpulan data penelitian sampai dengan menganalisis datanya. Sementara evaluasi program berarti mengevaluasi semua kegiatan proyek, dan evaluasi hasil belajar berarti menilai hasil belajar peserta didik di dalam dan di luar kelas.    

Periodik 

JPPP terbit dua kali (Januari - Juni, dan Juli - Desember) dalam satu tahun.

Sejarah Jurnal

JPPP (Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan) semula bernama Jurnal Evaluasi Pendidikan dengan Nomor ISSN 1411-6937 yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun (Maret dan September) sejak tahun 2010.

Tahun 2015, agar sesuai dengan ruang lingkup Prodi (PEP), Junal berganti nama menjadi Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Akan tetapi, nama Jurnal ini sudah menjadi milik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Oleh karena tidak boleh ada nama Jurnal yang sama, maka Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan kembali berganti nama menjadi Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Jurnal dengan Nomor ISSN 2087-376X tersebut diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Desember).

Kemudian pada tahun 2016, oleh karena Nomor ISSN yang sama (2087-376X) tidak dapat digunakan untuk dua nama Jurnal yang berbeda (Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan), maka JPPP diterbitkan dengan Nomor p-ISSN 2528-0945.

Pada tahun 2017, JPPP mulai online dengan Nomor e-ISSN 2579-7654.