Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran kompetitif pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi atau rendah, serta pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian menggunakan metode eksperimen, denga desain faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif, (2) adanya pengaruh interaksi penggunaan metode pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar Matematika siswa, (3) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif, dan (4) hasil belajar Matematika siswa yang lebih rendah bagi yang siswa memiliki kreativitas rendah dan diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif dibandingkan dengan siswa yang lebih rendah bagi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif.


 


The research aims to reveal and analyze the differences of Mathematics learning achievement of the students taught by cooperative learning strategies and competitive learning strategies for the students who have high or low creativity as well as the influence of interaction between learning strategies and students’ creativity on the Mathematics learning achievement. The research uses an experimental method, with 2x2 factorial design. The results of the research show that: (1) the Mathematics learning achievement of the students taught by cooperative learning strategy is higher than the students taught with competitive learning strategy, (2) there is an interaction of the use of learning strategies and creativity to the student's learning achievement, (3) Mathematics learning achievement of the students with high creativity is higher than the students taught by cooperative learning strategies, and (4) the students’ Mathematics learning achievement that is lower for the students who have low creativity and are taught with cooperative learning strategies compared with lower students for the students taught with competitive learning strategies.

Article Details