Strategi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

  • Sri Sugiyanti SMP Negeri 184 Jakarta Timur

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran kompetitif pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi atau rendah, serta pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian menggunakan metode eksperimen, denga desain faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif, (2) adanya pengaruh interaksi penggunaan metode pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar Matematika siswa, (3) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif, dan (4) hasil belajar Matematika siswa yang lebih rendah bagi yang siswa memiliki kreativitas rendah dan diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif dibandingkan dengan siswa yang lebih rendah bagi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif.
Published
2018-04-26
How to Cite
SUGIYANTI, Sri. Strategi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 310-326, apr. 2018. ISSN 2579-7654. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1283>. Date accessed: 21 nov. 2019.
Section
Articles