Pengaruh Efikasi Diri dan Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

  • M. Gazali SMP Muhammadiyah 2 Tangerang, Banten

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuktikan pengaruh efikasi diri dan kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan metode survei kausal, dengan teknik analisis jalur. Populasi berjumlah 238 siswa, sedangkan sampel 148 siswa. Data dihimpun melalui angket, skala Likert. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Efikasi Diri siswa berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa; 2) Kecemasan Matematika berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa; 3) Efikasi Diri siswa berpengaruh signifikan terhadap Kecemasan Matematika siswa. Implikasi, peningkatan efikasi-diri dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan menurunkan kecemasan matematika siswa.
Published
2018-04-26
How to Cite
GAZALI, M.. Pengaruh Efikasi Diri dan Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 274-289, apr. 2018. ISSN 2579-7654. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1281>. Date accessed: 15 sep. 2019.
Section
Articles