Kontribusi Profesionalisme Guru dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab

  • M. Apid Kurniawan MIN 09 Petukangan Selatan, Jakarta Selatan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar bahasa Arab, 2) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab, dan 3) Pengaruh profesionalisme guru dan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab. Penelitian menggunakan metode survei kausal, dengan teknik analisis jalur. Populasi berjumlah 137, sampel sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif profesionalisme guru terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa, dengan persamaan regresi Ŷ = dari -2,367 + 0,184X1, koefisien korelasi 0,689 dengan koefisien path 0,483 pada taraf α = 0,05, (2) Terdapat pengaruh langsung positif minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa dengan persamaan regresi Ŷ = dari -2,367 + 0,136X2, koefisien korelasi 0,672 dengan koefisien path 0,451 pada taraf α = 0,05, (3) Terdapat pengaruh langsung positif  profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa, dengan persamaan regresi Ŷ dari 51,720 + 0,579X1, koefisien korelasi path 0,459 pada taraf α = 0,05. Nilai Fhitung sebesar 27,94 > nilai Ftabel sebesar 3,295 menunjukkan bahwa variabel profesionalisme guru dan minat belajar secara simultan mampu menjelaskan perubahan pada variabel hasil belajar bahasa Arab. Dengan kata lain, model dinyatakan cocok atau fit.
Published
2018-04-26
How to Cite
KURNIAWAN, M. Apid. Kontribusi Profesionalisme Guru dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 257-273, apr. 2018. ISSN 2579-7654. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1280>. Date accessed: 14 nov. 2019.
Section
Articles