Sikap, Kecerdasan Emosional, Dan Motivasi Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris

  • Isti Nurrohmah University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara (1) Sikap dengan hasil belajar bahasa Inggris (2) Kecerdasan emosi dengan hasil belajar bahasa Inggris (2) Motivasi membaca dengan hasil belajar bahasa Inggris (3) Sikap, kecerdasan emosi, dan motivasi dengan hasil belajar bahasa Inggris. Penelitian menggunakan metode survei, dengan analisa regresi dan korelasi (sederhana dan ganda). Populasi terjangkau berjumlah 416 siswa, sampel sebanyak 81 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan (positif) antara sikap terhadap bahasa Inggris dengan hasil belajar bahasa Inggris. 2) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar bahasa Inggris. 3) terdapat hubungan positif antara motivasi membaca dengan hasil belajar bahasa Inggris. 4) terdapat hubungan positif antara sikap, kecerdasan dan motivasi membaca secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris dengan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi mengenai hubungan antara sikap, kecerdasan emosi, dan motivasi membaca dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa SMA Muhammadiyah se-Kota Administrasi Jakarta Selatan.
Published
2018-04-26
How to Cite
NURROHMAH, Isti. Sikap, Kecerdasan Emosional, Dan Motivasi Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 242-256, apr. 2018. ISSN 2579-7654. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1279>. Date accessed: 15 sep. 2019.
Section
Articles