Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi pelakanaan program paket C. Penelitian menggunakan Stake's countenance. Subyek penelitian meliputi Dinas Pendidikan Bidang Pendidikan Luar Sekolah, Penyelenggara PKBM, Tutor, Warga Belajar dan Lulusan. Evaluasi komponen antecedent meliputi aspek kebijakan, warga belajar, tutor, kurikulum, sarana-prasarana, dan pembiayaan. Hasilnya: kebijakan, warga belajar, dan pembiayaan telah memenuhi kriteria evaluasi. Perlu perbaikan diantaranya penyediaan tutor yang berkualifikasi pendidikan minimal S1 dan kesesuaian antara ijazah dengan mata ajar yang diampu. Hambatannya, keterbatasan media pembelajaran, perpustakaan dan sarana pendukung dalam meningkatkan keterampilan. Evaluasi komponen transaction meliputi aspek perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran. Hasilnya, semua indikator telah sesuai dengan standar proses namun perlu perbaikan pada proses pembelajaran agar mampu mencapai tujuan program paket C dalam menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan. Evaluasi komponen outcomes meliputi aspek kelulusan dan dampaknya setelah mengikuti program. Hasilnya, tingkat kelulusan hampir 100%. Manfaatnya bagi warga belajar antara lain dapat melanjutkan pendidikan, menggunakan ijazah untuk memperoleh pekerjaan, dan untuk kenaikan pangkat. Penyelenggara belum memberikan manfaat langsung program sebagai bekal bagi warga belajar yang telah lulus. Rekomendasi, penyediaan sarana perpustakaan, media pembelajaran dan sarana untuk keterampilan sehingga warga belajar dapat merasakan manfaat langsung program paket C.


 


The study aims to evaluate the implementation of the C package program. The study uses a Stake’s countenance. The subjects of the study include the Education Office of Non-formal Education, PKBM Organizer, Tutor, Learning Community, and Graduates. Evaluation of antecedent components includes aspects of policy, learners, tutors, curriculum, facilities, and financing. The results show that: policies, learning community, and financing meet the evaluation criteria. Need improvements include the provision of tutors who are qualified minimally undergraduate education or Bachelor degree and the suitability between the diploma with the subject taught. Some obstacles could be the limitations of instructional media, libraries and supporting facilities in improving skills. The evaluation of component outcomes includes graduation aspect and its impact after the program. As a result, the graduation rate is almost 100%. The benefits for residents to learn include continuing education, using diplomas to obtain employment, and for promotion. The organizers have not provided the direct benefit of the program as a provision for the people who have graduated from their studies. As recommendations, provision of library facilities, learning media and means for skills can experience the direct benefits of the C package program.

Article Details