Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam

  • Edi Kusyanto SDN Menteng 01 Jakarta Pusat

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh model inkuiri dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan rancangan faktorial (2 x 2). Sampel sebanyk 40 siswa.  Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelompok siswa yang diajarkan menggunakan Model Inkuiri lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah. 2) Terdapat interaksi antara model dengan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Ilmu. 3) Untuk siswa yang motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah. 4) Untuk siswa yang motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah.
Published
2018-04-26
How to Cite
KUSYANTO, Edi. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 209-223, apr. 2018. ISSN 2579-7654. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1277>. Date accessed: 15 sep. 2019.
Section
Articles