Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

  • Endang Wahyuningsih SMKN 12 Jakarta

Abstract

 Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan sampel 72 siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan teknik Anava dua arah. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Mind mapping lebih tinggi dibanding metode pembelajaran reciprocal, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode Mind mapping lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode Reciprocal, (4) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode Mind Mapping lebih rendah dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode reciprocal. Secara umum, kesimpulan penelitian adalah metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Published
2018-04-26
How to Cite
WAHYUNINGSIH, Endang. Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 191-208, apr. 2018. ISSN 2579-7654. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1276>. Date accessed: 21 nov. 2019.
Section
Articles