Main Article Content

Abstract

 Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan sampel 72 siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan teknik Anava dua arah. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Mind mapping lebih tinggi dibanding metode pembelajaran reciprocal, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode Mind mapping lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode Reciprocal, (4) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode Mind Mapping lebih rendah dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode reciprocal. Secara umum, kesimpulan penelitian adalah metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.


 


The research aims to analyze the influence of learning method and student's learning motivation toward mathematics learning result, with sample of 72 students. The research uses experimental method, with two way Anova technique. Data were collected by test and questionnaire techniques. The results revealed that: (1) Students' mathematics learning outcomes which is taught by the method of learning Mind mapping is higher than the method learning reciprocal, (2) there is   interaction   effect   between   learning   model   and student learning motivation on student learning result of mathematics, (3) result of learning mathematics students who have high learning motivation with Mind method treatment mapping is higher than students who have high learning motivation with treatment of Reciprocal method, (4) Result of learning mathematics student having low learning motivation with lower Mind Mapping method treatment compared with students who have low learning motivation with treatment reciprocal method. In general, the conclusion of the study is the method of learning and motivation student learning influence on student learning result of mathematics.

Article Details