Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Praktik Kewirausahaan ditintaju dari Tingkat Kognitif Siswa

  • Endah Triswanti SMKN 8 Jakarta

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar praktik kewirausahaan ditinjau dari tingkat kognitif siswa. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain factorial dua arah 2 x 2, dengan teknik analisis varians (ANOVA) dua jalur. Populasi terjangkau sebanyak 323 siswa. Sampel berjumlah 44 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Hasil belajar praktik kewirausahaan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. 2. Hasil belajar praktik kewirausahaan antara siswa yang mempunyai tingkat kognitif tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mempunyai tingkat kognitif rendah. 3. Hasil belajar praktik kewirausahaan antara siswa yang mempunyai tingkat kognitif rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar praktik kewirausahaan yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. 4. Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan tingkat kognitif siswa terhadap hasil belajar praktik kewirausahaan.
Published
2018-04-26
How to Cite
TRISWANTI, Endah. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Praktik Kewirausahaan ditintaju dari Tingkat Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 175-190, apr. 2018. ISSN 2579-7654. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1275>. Date accessed: 15 sep. 2019.
Section
Articles