Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar praktik kewirausahaan ditinjau dari tingkat kognitif siswa. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain factorial dua arah 2 x 2, dengan teknik analisis varians (ANOVA) dua jalur. Populasi terjangkau sebanyak 323 siswa. Sampel berjumlah 44 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Hasil belajar praktik kewirausahaan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. 2. Hasil belajar praktik kewirausahaan antara siswa yang mempunyai tingkat kognitif tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mempunyai tingkat kognitif rendah. 3. Hasil belajar praktik kewirausahaan antara siswa yang mempunyai tingkat kognitif rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar praktik kewirausahaan yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. 4. Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan tingkat kognitif siswa terhadap hasil belajar praktik kewirausahaan.


 


The research aims to determine the effect of learning methods on the learning achievement of entrepreneurship practices viewed from the cognitive level of students. This experimental study uses a 2x2 factorial design with two-way analysis of variance (ANOVA). The affordable population amounts to 323 students. The sample numbers 44 students. The results show that: 1) the students' entrepreneurship learning achievement taught by using inquiry method is higher than those taught by conventional learning methods, 2) Entrepreneurship learning achievement between the students with high cognitive level is higher than the students with low cognitive level, 3) Entrepreneurship learning achievement between the students with low cognitive level taught by using inquiry method is higher than those taught by using conventional learning methods, and 4) there is an interaction effect between the learning method and the cognitive level of the students on the learning achievement of entrepreneurship practices.

Article Details