Kontribusi Bentuk Tes Formatif dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPS

  • Krisnaldi Rangga Wijaya SMP Negeri B. Srikaton Kabupaten Musi Rawas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh evaluasi formatif dan gaya belajar terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang menggunakan evaluasi formatif uraian dan pilihan ganda. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan desain faktorial 2x2. Populasi terjangkau meliputi kelas VIII (7 kelas yang masing-masingnya terdiri dari 36 siswa). Sedangkan sampel sebanyak 44 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang berbeda hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelompok siswa yang diberikan bentuk tes formatif uraian dan kelompok siswa yang diberikan bentuk tes formatif pilihan ganda; (2) terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa antara kelompok siswa yang memiliki gaya belajar field independent dan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar field dependent; (3) terdapat interaksi antara pemberian bentuk tes formatif dan gaya belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
Published
2018-04-26
How to Cite
WIJAYA, Krisnaldi Rangga. Kontribusi Bentuk Tes Formatif dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 158-174, apr. 2018. ISSN 2579-7654. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1274>. Date accessed: 23 nov. 2019.
Section
Articles