Pengaruh Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar Terhadap Pemilihan Peminatan Siswa

  • Tawaningsih Tawaningsih SMP Negeri 4 Depok, Bogor
  • T. Ramli Zakaria Fak. Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar terhadap Pilihan Peminatan Siswa. Penelitian menggunakan metode survey kausal, dengan teknik analisis jalur. Populasi sebanyak 750 siswa, sampel berjumlah 238 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh langsung positif Bimbingan Konseling terhadap Pilihan Peminatan. 2) terdapat pengaruh langsung positif Motivasi Belajar terhadap Pilihan Peminatan. 3) terdapat pengaruh positif Bimbingan Konseling terhadap Motivasi Belajar. Implikasinya, Pilihan Peminatan Siswa dapat dicapai secara optimal dengan cara meningkatkan Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-25
Section
Articles