Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Berprestasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Neni Daryati SMP Negeri 31 Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Abstract

Penelitian mempunyai tujuan untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh kompetensi profesional dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian menggunakan metode survei kaual, dengan teknik analisis jalur. Populasi berjumlah 1449 siswa, dan sampel sebanyak 105 siswa. Data dihimpun dengan tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap hasil belajar matematika siswa, 2) terdapat pengaruh langsung motivasi berprestsi siswa terhadap hasil belajar matematika, 3) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap motivasi berprestasi siswa. Implikasinya, peningkatan kompetensi profesional guru akan berdampak pada peningkatkan motivasi berprestasi siswa, yang selanjutnya akan meningkatkan hasil belajar (matematika) siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-25
Section
Articles