Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan adanya pengaruh kompetensi profesional guru dan pengetahuan tentang evaluasi terhadap kualitas tes IPA buatan guru Sekolah Menengah Pertama Kelas VII di Wilayah Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan desain hubungan kausal, denga metode survei dan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan, 1) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap kualitas test IPA, yang ditunjukkan oleh koefisien jalur p31 = 0,62. Artinya kontribusi kompetensi profesional yang secara langsung mempengaruhi kualitas test IPA buatan guru adalah 62 %. 2) terdapat pengaruh langsung pengetahuan evaluasi terhadap kualitas test IPA buatan guru, hal tersebut ditunjukkan oleh koefisien jalur p32 = 0,61. Artinya kontribusi pengetahuan evaluasi yang secara langsung mempengaruhi kualitas test IPA buatan guru adalah 61 %. 3) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap pengetahuan evaluasi, yang ditunjukkan oleh koefisien jalur p21= 0,33. Artinya kontribusi kompetensi profesional yang secara langsung mempengaruhi pengetahuan evaluasi adalah 33 %. Kesimpulan, kualitas tes IPA buatan guru akan lebih baik apabila guru meningkatkan kompetensi profesionalnya. Kualitas tes buatan guru juga akan memenuhi persyaratan tes yang baik apabila pengetahuan evaluasi guru ditingkatkan.
The study aims to analyze: 1) the effect of teachers’ professionalism on the learning achievement of Arabic Language, 2) the effect of learning interest on the Arabic Language Learning Achievement, and 3) the effects of teachers’ professionalism and learning interest on the Arabic Language Learning Achievement. The study uses a causal survey method, with path analysis technique. The population of the study amounts to 137, and the sample numbers 35 students. The study uses a path analysis technique. The results show that: (1) There is a direct positive effect of teachers’ professionalism on the Arabic language learning achievement of the students with a regression equation of Ŷ = -2.367 + 0.184X1, the correlation coefficient of 0.689 with 0.483, and path coefficients at the level of α = 0.05; (2) There is a direct positive effect of learning interest on the Arabic language learning achievement of the students with a regression equation of Ŷ = -2.367 + 0.136X2, the correlation coefficient of 0.672 with 0.451, and path coefficients at the level of α = 0.05; and (3) There is a direct positive influence of the teachers’ professionalism on the students’ learning interest with the regression equation Ŷ from 51.720 + 0.579X1, the correlation coefficient 0.459, and path coefficients at the level of α = 0.05. The value of Fobserved 27.94 > Ftable 3.295 which indicates that the variables of teachers’ professionalism and learning interest simultaneously are able to explain changes in the achievement of Arabic language learning.