Kontribusi Kompetensi Profesional dan Pengetahuan tentang Evaluasi Terhadap Kualitas Tes IPA Buatan Guru

  • Ofi Ihsan Karya Arofi SD Islam Ruhama Tangerang, Banten

Abstract

Penelitian bertujuanĀ  untuk mengungkapkan adanya pengaruh kompetensi profesional guru dan pengetahuan tentang evaluasi terhadap kualitas tes IPA buatan guru Sekolah Menengah Pertama Kelas VII di Wilayah Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan desain hubungan kausal, denga metode survei dan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan, 1) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap kualitas test IPA, yang ditunjukkan oleh koefisien jalur p31 = 0,62. Artinya kontribusi kompetensi profesional yang secara langsung mempengaruhi kualitas test IPA buatan guru adalah 62 %. 2) terdapat pengaruh langsung pengetahuan evaluasi terhadap kualitas test IPA buatan guru, hal tersebut ditunjukkan oleh koefisien jalur p32 = 0,61. Artinya kontribusi pengetahuan evaluasi yang secara langsung mempengaruhi kualitas test IPA buatan guru adalah 61 %. 3) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap pengetahuan evaluasi, yang ditunjukkan oleh koefisien jalur p21= 0,33. Artinya kontribusi kompetensi profesional yang secara langsung mempengaruhi pengetahuan evaluasi adalah 33 %. Kesimpulan, kualitas tes IPA buatan guru akan lebih baik apabila guru meningkatkan kompetensi profesionalnya. Kualitas tes buatan guru juga akan memenuhi persyaratan tes yang baik apabila pengetahuan evaluasi guru ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-25
Section
Articles