Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi dalam Meningakatkan Hasil Belajar Sejarah

  • Firdaningsih Firdaningsih SMA Negeri 8 Jakarta Selatan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi-diri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian menggunakan metode survei kausal, dengan teknik analisis jalur. Populasi terjangkau berjumlah 504 siswa, sedangkan sampel sebanyak 108 siswa. Data dihimpun dengan kuesioner dan tes. Data dianalisa dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi-diri terhadap hasil belajar sejarah; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar sejarah; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi-diri terhadap motivasi berprestasi. Kesimpulan, peningkatan hasil belajar sejarah dapat dilakukan melalui perbaikan efikasi-diri dan motivasi berprestasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-25
Section
Articles