Pengaruh Program Remedial dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Elly Nurlia Rustiani SMPN 171 Jakarta

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar Matematika siswa  yang mengikuti Program Remedial dengan metode Tutor Sebaya dan Pemberian Tugas pada siswa yang bergaya kognitif field independent atau dependent, serta pengaruh program remedial dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian mengggunakan metode eksperimen, dengan teknik ANAVA dua jalur. Temuannya: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diberi program remedial melalui metode tutor sebaya lebih tinggi daripada dengan pemberian tugas. (2) Hasil belajar matematika siswa yang bergaya kognitif field independent lebih tinggi daripada dependent. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara program remedial dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika. (4) Hasil belajar matematika siswa yang bergaya kognitif field independent, dan diberi program remedial melalui metode tutor sebaya lebih rendah daripada melalui metode pemberian tugas. (5) Hasil belajar matematika siswa yang bergaya kognitif field dependent, dan diberi program remedial melalui metode tutor sebaya lebih tinggi daripada melalui metode pemberian tugas. (6) Siswa yang diberi program remedial melalui metode tutor sebaya, hasil belajar untuk siswa yang bergaya kognitif field dependent tidak lebih tinggi daripada field independent. (7) Hasil belajar matematika siswa yang diberi program remedial melalui metode pemberian tugas pada siswa yang bergaya kognitif field independent lebih tinggi daripada  field dependent.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-25
Section
Articles