Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisa pengaruh tes formatif terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen, dengan teknik analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan: 1). Hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif uraian lebih tinggi dari pada pilihan ganda. 2). Terdapat interaksi antara tes formatif dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. 3). Pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif uraian lebih tinggi daripada pilihan ganda. 4). Pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif uraian lebih rendah daripada pilihan ganda. Kesimpulan, guru sebagai pelaku pendidikan dalam menerapkan bentuk tes yang mampu menghasilkan pemahaman tingkat tinggi dan dapat menanamkan konsep matematika yang sangat kuat dalam diri siswa. Implikasinya, kemampuan merancang dan menggunakan bentuk tes yang tepat, akan meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
The study aims to analyze the effect of formative test on the Mathematics learning achievement in terms of student learning independence. The study uses a quasi-experimental method, with two-way ANOVA technique. The results show: 1) The Mathematics learning achievement of the students who are given essay test are higher than those given multiple choice, 2) There is an interaction between the formative test and the independence of learning on the students' Mathematics learning achievement, 3) For students with high learning independence, students' Mathematics learning achievement given an essay test are higher than multiple choice achievement 4) For the students with low learning independence, students' Mathematics learning achievement given an essay test are lower than multiple choices. In conclusion, the teacher as an educator in applying a form of tests should be able to produce a high level of understanding and can instill strong mathematical concepts for students. The implications, the ability to design, and the use of the appropriate forms of tests will improve student learning achievement.