Pengaruh Antara Self Consciousness dan Social Withdrawal Motivation Terhadap Shyness pada Dewasa Awal Pengguna Instagram

Elma Miftahussaadah, Fahrul Rozi

Abstract

Instagram merupakan salah satu perantara yang digunakan seorang shyness untuk membangun kedekatan dan membentuk hubungan sosial. Sebagian individu yang berada dalam masa dewasa awal seringkali mengalami kesulitan atau hambatan dalam menyesuaikan diri dengan suasana baru dan menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitarnya. Shyness cenderung mengalami kesulitan dalam menangani beberapa masalah salah satunya adanya peningkatan pada kesadaran diri (self consciousness) yang muncul akibat adanya pemikiran negatif karena rasa takut akan dievaluasi oleh orang lain. Rasa takut yang dialami seorang shyness inilah yang menyebabkan seseorang untuk melakukan penarikan sosial (sosial withdrawal motivation). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara self consciousness terhadap shyness, (2) mengetahui hubungan antara social withdrawal motivation terhadap shyness, dan (3) mengetahui pengaruh antara self consciousness dengan social withdrawal motivation terhadap shyness. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan tiga skala, yaitu (1) Skala Self Consciousness  dengan menggunakan tiga dimensi, diantaranya: private sc, social anxiety, public sc, (2) Skala Social Withdrawal Motivation dengan menggunakan empat aspek, diantaranya: peer isolation, unsociability, shyness, low mood, dan (3) Skala Shyness. Responden dalam penelitian ini berjumlah 250 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan antara self consciousness terhadap shyness dengan nilai pearson correlation adalah 0.396 dan nilai probability value (Sig.) adalah 0.000, (2) Ada hubungan yang signifikan antara social withdrawal motivation terhadap shyness dengan nilai pearson correlation adalah 0.250 dan nilai probability value (Sig.) adalah 0.000, dan (3) Ada pengaruh yang signifikan antara self consciousness dengan social withdrawal motivation terhadap shyness dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 dengan nilai koefisien R Square (R2)  sebesar 0.223 yang menunjukan bahwa adanya kontribusi antara self consciousness dan social withdrawal motivation terhadap shyness sebesar 22,3% dan selebihnya 77,7% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Elma Miftahussaadah
elmamiftahussaadah@uhamka.ac.id (Primary Contact)
Fahrul Rozi
Miftahussaadah, E. ., & Rozi, F. . (2019). Pengaruh Antara Self Consciousness dan Social Withdrawal Motivation Terhadap Shyness pada Dewasa Awal Pengguna Instagram. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.22236/jippuhamka.v5i1.9251
Copyright and license info is not available

Article Details

Most read articles by the same author(s)